Gempa Malang Terasa Sampai Bali, BPBD Sebut Tak Ada Kerusakan

Stay safe ya ker!

Malang IDN Times - Gempa berkekuatan 5,9 skala ritcher guncang Kabupaten Malang pada Selasa, (19/2). Guncangan dirasakan pada waktu pagi hari pukul 02.30 WIB.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan 5,9 skala ritcher yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi 5,6 skala ritcher. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,67 LS dan 112,74 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 170 km arah selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur pada kedalaman 42 km," ujar Kepala Stasiun Geofisika Karangkates Malang, Selasa (19/2).

1. Gempa diakibatkan aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia

Gempa Malang Terasa Sampai Bali, BPBD Sebut Tak Ada KerusakanIDN Times/Sukma Shakti

Musripan mengatakan gempa bumi yang terjadi di daerah selatan Kabupaten Malang ini termasuk dangkal dan diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar naik (thrust fault)," terangnya.

2. Tidak hanya dirasakan di Malang Raya

Gempa Malang Terasa Sampai Bali, BPBD Sebut Tak Ada KerusakanIlustrasi (Pixabay)

Musripan mengatakan gempa tersebut tidak hanya dirasakan di daerah Malang Raya. Berdasarkan laporan yang diterima gempa ini juga dirasakan di daerah Lumajang, Malang ,Blitar, Karangkates, Sawahan, bahkan hingga Kuta, dan Nusa Dua Bali.

3. Tidak berpotensi Tsunami

Gempa Malang Terasa Sampai Bali, BPBD Sebut Tak Ada KerusakanIDN Times/Sukma Shakti

Berdasarkan pemantauan hingga sekarang, Stasiun Geofisika Karangkates belum menerima laporan apapun mengenai kerusakan yang terjadi akibat gempa di Malang Raya. BMKG memastikan gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami.

"Hingga pukul 03.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock) sebanyak 12 kali. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," terangnya.

4. Tak ada kerusakan di lokasi

Gempa Malang Terasa Sampai Bali, BPBD Sebut Tak Ada Kerusakan(Ilustrasi Gempa Bumi) IDN Times/Sukma Shakti

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang juga telah memantau kondisi di daerah Kabupaten Malang. Kepala BPDB Kab. Malang, Bambang Istiawan mengatakan tidak ada kerusakan apapun yang ditimbulkan gempa pagi hari tadi.

"Sampai sekarang tidak ada setelah kami cek dari BPBD maupun teman-teman relawan tidak ada. BPDB akan memantau terus menerus, apabila ada laporan langsung kami tindak lanjuti," ujar Bambang.

Baca Juga: Malang Diguncang Gempa 5,9 SR, Terasa Hingga ke Bali

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya