Baru Dibuka Dua Jam, Tiket KA Matarmaja Ludes Terjual

Tenang, masih ada kereta tambahan

Malang, IDN Times - Penjualan tiket kereta api lebaran dari Malang telah dibuka mulai Senin (25/2) kemarin. Kesempatan ini pun dimanfaatkan oleh para calon pemudik. Salah satu tiket yang paling diburu adalah Kereta Api Mataramaja. Kereta jurusan Malang-Jakarta dan sebaliknya ini ludes terjual untuk pemberangakatan Pasar Senen, Jakarta - Malang tanggal 26 Mei 2019.  "Untuk tanggal itu tiket terjual 2 jam" terang Kepala Stasiun Kota Malang, Radne Anyarso Tulad, Selasa (26/2).

1. Matarmaja berisi 800 penumpang

Baru Dibuka Dua Jam, Tiket KA Matarmaja Ludes TerjualIDN Times/Bela Ikhsan

Radne mengatakan bahwa kereta api Matarmaja berjalan setiap harinya sebanyak 8 rangkaian. Kapasitas setiap kereta ada sekitar 800 kursi.  "Matarmaja kan kelas ekonomi. Apalagi kereta ini termasuk subsidi. Jadi pemudik banyak menggunakannya," ujarnya. Adapun untuk kelas bisnis, kata Radne, saat ini diperkirakan masih tersedia sekitar 35 persen. 

Baca Juga: Harga Tiket Grup Garuda Indonesia Rute Jakarta-Banyuwangi Turun

2. Ada kereta tambahan jelang lebaran

Baru Dibuka Dua Jam, Tiket KA Matarmaja Ludes TerjualIDN Times/Bela Ikhsan

Tak seperti Matarmaja yang terjual habis dalam hitungan jam, kereta api lainnya justru masih memiliki kursi kosong. Radne pun memastikan jelang lebaran akan ada kereta tambahan. Penambahannya berjumlah 50 kereta. Khusus di stasiun Kota Malang penambahaanya ada Gajayana tambahan dan Mataramaja tambahan.

"Matarmaja dan Gajayana ada 9 gerbong kereta. Apabila volume pemudik sama dengan tahun lalu dipastikan ada penambahan 1250 tempat duduk," katanya.

Radne mengatakan bahwa pihaknya tetap melayani loket di stasiun meskipun banyak calon penumpang yang memesan melalui website dan aplikasi resmi dari PT. KAI. "Pembelian tiket sekarang mudah. Layanan kami 24 jam di website dan aplikasi."

3. Siapkan tenaga medis hingga costumer service mobile

Baru Dibuka Dua Jam, Tiket KA Matarmaja Ludes TerjualIDN Times/Bela Ikhsan

Selain tetap melayani pembelian offline, KAI juga menambah tim medis. Bahkan, mereka juga akan menyediakan customer service mobile. "Kami jemput bola, jangan sampai penumpang di Malang bingung informasi," ujarnya.

Baca Juga: Mulai Besok, PT KAI Sudah Jual Tiket Mudik Lebaran untuk H-10

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya