ACT Kota Malang Kirim Satu Truk Bantuan untuk Korban Banjir Jember

Mereka butuh perahu karet untuk evakuasi

Malang, IDN Times - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kota Malang memberikan bantuan kepada korban banjir disertai longsor di Jember. Sebelumnya, ACT juga telah memberengkatkan 13 relawan untuk membantu korban yang ada di sana. 

1. Bantuan dan relawan dikirim ke Desa Sananrejo

ACT Kota Malang Kirim Satu Truk Bantuan untuk Korban Banjir JemberIDNTimes/Bela Ikhsan

Staff Marketing Communication ACT Malang, Iqro Wahyu Perdana mengatakan bahwa relawan dan bantuan akan dikirim menuju Desa Sanenrejo, Kecamatan Tumperejo, Kabupaten Jember. Daerah tersebut memiliki kerusakan yang lebih parah daripada kecamatan yang lainnya.

Bahkan, kata Iqro, di tempat tersebut terdapat 1 rumah yang tergilas longsor dan banjir. Selain itu, 4 rumah mengalami kerusakan parah dan 31 rumah mengalami kerusakan yang ringan. "Kami telah membantu korban yang ada disana untuk bisa dievakuasi," ujarnya.

2. Bantuan ACT

ACT Kota Malang Kirim Satu Truk Bantuan untuk Korban Banjir JemberIDN Times/Bela Ikhsan

Menurut dia, relawan ACT yang berada di sana telah membuat aliran air untuk mengurangi dampak banjir. Mereka juga membangun dapur darurat untuk memudahkan dalam memberikan bantuan makanan. "Relawan telah mengevakuasi korban korban yang ada disana, dan telah membuat tenda darurat juga," ungkapnya.

Baca Juga: Tanggul di Jember Jebol, Ratusan Rumah Warga Terendam Air

3. Banyak warga yang tak mau meninggalkan rumah

ACT Kota Malang Kirim Satu Truk Bantuan untuk Korban Banjir JemberDok. IDN Times/Istimewa

Iqro mengatakan bahwa proses evakuasi di sana tak hanya terkendala medan. Penduduk setempat enggan dievakuasi lantaran tidak mau meninggalkan ternak dan barang mereka. Ia pun berharap para pengusaha rafting dapat meminjamkan perahu karet untuk memudahkan evakuasi. "Kami hanya butuh perahu karet satu saja untuk mengirimkan bantuan kepada korban yang tidak mau dievakuasi" ungkapnya.

4. Bantuan yang dikirim diangkut dalam satu truk

ACT Kota Malang Kirim Satu Truk Bantuan untuk Korban Banjir JemberIDN Times/Bela Ikhsan

ACT Kota Malang sendiri mengirimkan bantuan beberapa kebutuhan pokok. Rinciannya,  1 ton beras, 150 liter minyak goreng, 2 kardus alat mandi, 123 kardus sembako, 88 alat kebersihan, 100pcs selimut dan 400 kardus popok bayi. "Bantuan itu kami angkut dengan 1 truk," ujar Iqro.

Baca Juga: Banjir di Jember Gara-gara Tanggul Jebol, BPBD dan Tim SAR Lakukan Ini

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya