Comscore Tracker

Video Viral Pria Bangil Ngamuk, Polda: Ada yang Memperkeruh

Polda minta kedua pihak saling memaafkan

Surabaya, IDN Times - Polda Jawa Timur (Jatim) akhirnya memediasi insiden ketegangan di check point exit Tol Satelit Surabaya yang melibatkan oknum Satpol PP Surabaya dan warga Bangil, Pasuruan, Umar Abdullah Assegaf. Langkah ini penting, sebab pasca-viral disinyalir ada pihak yang mencoba menunggangi dan mengolah video di media sosial.

"Ada satu hal yang menjadi catatan kita setelah dengan adanya viral tersebut ada beberapa pihak ketiga yang memanfaatkan situasi ini untuk memperkeruh, mendompleng, memboncengi kejadian-kejadian ini," ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Jumat (22/5).

1. Telusuri video yang dibumbui narasi hoaks, SARA dan ujaran kebencian

Video Viral Pria Bangil Ngamuk, Polda: Ada yang MemperkeruhSeorang pria bergamis ngeyel masuk ke Surabaya. Dok.IDN Times/Istimewa

Lebih lanjut, untuk mendalami video dengan bumbu narasi hoaks, SARA dan ujaran kebencian di media sosial itu, Polda Jatim telah mengerahkan tim siber. Tim ini akan melakukan patroli siber. "Kita akan melihat konten-konten yang bersifat ujaran kebencian, SARA kemudian berita bohong ini sudah mulai banyak tentu ini menjadi bagian penyelidikan kita," kata Trunoyudo.

2. Minta yang berisitegang saling memaafkan

Video Viral Pria Bangil Ngamuk, Polda: Ada yang MemperkeruhSeorang pria bergamis ngeyel masuk ke Surabaya. Dok.IDN Times/Istimewa

Terkait dua orang yang saling bersitegang, yakni oknum Satpol PP dan Umar Abdullah Assegaf, Trunoyudo meminta keduanya saling memaafkan satu sama lain. "Sebetulnya kedua belah pihak sudah menjalin komunikasi, masing-masing menahan diri dengan adanya kesalahpahaman ini," ucapnya.

"Harapannya dengan bulan Ramadan bulan berkah ini juga saling memaafkan. Sebenarnya kedua belah pihak sudah menyatakan untuk saling memaafkan ya, harapan juga tanpa syarat artinya semua yang terjadi ini tujuannya kan kita untuk menyelamatkan masyarakat juga dan keluarganya. Dan masyarakat yang lainnya," dia menambahkan.

Baca Juga: Polda Jatim Dalami Laporan Pria Bangil Mengamuk di Exit Tol Satelit

3. Karena dinilai adanya unsur salah paham saja

Video Viral Pria Bangil Ngamuk, Polda: Ada yang MemperkeruhSeorang pria bergamis ngeyel masuk ke Surabaya. Dok.IDN Times/Istimewa

Menurut Trunoyudo, apa yang terjadi di lapangan saat itu ialah kesalahpahaman antara petugas PSBB dengan Umar Assegaf. Semuanya terkait upaya mencegah penularan COVID-19. Di video juga terekam anggota Satlantas Polrestabes Surabaya sudah menengahi. Kejadian ini akan menjadi bahan evaluasi selanjutnya.

"Ini kan memang kita bisa melihat sangat prihatin sekali baik itu petugas maupun masyarakat dan tujuannya sama-sama. Yakni adalah bagaimana melawan dan mencegah COVID-19 ini tidak meluas," dia menegaskan.

Baca Juga: Viral Pria Ngeyel Masuk Surabaya, Ternyata Warga Bangil

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya