Comscore Tracker

Vaksinasi COVID-19 Pertama Jatim Digelar di Grahadi, 19 Nama Diusulkan

Siapkan fasilitas darurat

Surabaya, IDN Times - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jawa Timur (Jatim), Heru Tjahjono mengonfirmasi bahwa lokasi vaksinasi COVID-19 kloter pertama bagi 19 pejabat Jatim dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, besok Kamis (14/1/2021). Padahal, rencana awal akan dilakukan di RSUD dr Soetomo, Surabaya.

"Sesuai dengan arahan Ibu Gubernur Khofifah, dengan mempertimbangkan lebih mudah diketahui masyarakat termasuk tahapan-tahapan vaksin, juga melihat bahwa Pak Presiden Jokowi juga melakukan vaksin di Istana Bogor,” ujarnya di Grahadi, Rabu (13/1/2021).

1. Siapkan antisipasi keamanan di Grahadi

Vaksinasi COVID-19 Pertama Jatim Digelar di Grahadi, 19 Nama DiusulkanSekdaprov Jatim, Heru Tjahjono saat di Kantor DPRD Jatim, Kamis (18/6). (Ist).

Heru mengatakan, pihaknya juga menyiapkan segala keamanan untuk antisipasi apabila ada efek samping yang berlebihan dari peserta vaksinasi di Grahadi.

"Segala sesuatunya sudah disiapkan termasuk ICU dan segala yang berkaitan dengan efek samping akibat vaksin sudah disiapkan semua di Grahadi,” katanya.

2. Ada 4 meja sekaligus penanda tahapan vaksinasi

Vaksinasi COVID-19 Pertama Jatim Digelar di Grahadi, 19 Nama DiusulkanKetua Tim Gugus Tugas Kuratif Penanganan COVID-19 Jatim dr. Joni Wahyuhadi. Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Ketua Gugus Kuratif Satgas Penanganan COVID-19 Jatim, dr. Joni Wahyuhadi menyampaikan ada empat meja untuk vaksinasi di Grahadi. Pertama ialah meja pendaftaran, kedua pengecekan, ketiga vaksinasi, dan keempat meja observasi.

"Di dalam kami siapkan mini ICU, juga kami siapkan mobil ambulans yang bisa langsung ke RSUD dr Soetomo bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” bebernya.

"Sesuai dengan yang dikatakan oleh Kepala BPOM, vaksin jenis Sinovac ini tingkat sensivitasnya mencapai 65,3 persen, itu lumayan bagus karena WHO memberikan syarat 50 persen,” dia menambahkan.

Baca Juga: Sebelum Vaksinisasi COVID-19, Emil Dardak Cek Kesehatan Terlebih Dulu

3. Berikut 19 nama yang ikut vaksinasi besok

Vaksinasi COVID-19 Pertama Jatim Digelar di Grahadi, 19 Nama DiusulkanIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut, untuk 19 nama yang mendapatkan undangan atau usulan vaksinasi COVID-19 antara lain, Wakil Gubernur Jatim, Wakil Gubernur Jatim, Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim, Ketua Tim Penggerak PKK Jatim, dan Kakesdam V Brawijaya.

Kabiddokes Polda Jatim, Kepala BPOM Surabaya, Dirut RSUD dr. Soetomo Surabaya, dan Dirut RSAL Ramelan Surabaya. Dekan Fakultas Kedokteran Unair dan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair.

Ketua IDI Jatim, Ketua PPNI Jatim, dan Ketua IBI Jatim. Ketua GP Ansor Jatim, Ketua Pemuda Muhammadiyah Jatim, Ketua Pemuda Kristen Jatim, Ketua Pemuda Hindu Jatim dan Ketua PWI Jatim.

"Itu baru usulan. karena pemerintah provinsi Jawa Timur diminta mengusulkan. Usulannya, untuk awalnya seperti itu. Ya nanti siapa yang memutuskan, ya dari Gugus Tugas pusat," ucap Joni.

Baca Juga: Besok, Kapolda Jatim Siap Disuntik Vaksin COVID-19

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya