[UPDATE] Kondisi Karhutla Lima Gunung di Jawa Timur

Di Banyuwangi, BNPB kerahkan heli water bombing

Surabaya, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim masih berupaya mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di beberapa wilayah. Hingga Senin pagi (28/10), titik api masih terdeteksi di sejumlah pegunungan di Jatim.

1. Tangani karhutla di lima gunung

[UPDATE] Kondisi Karhutla Lima Gunung di Jawa TimurDokumentasi Humas Pemprov Jatim

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo mengatakan, hingga saat ini ada lima karhutla yang ditanganinya. Antara lain di Gunung Kawi, Kabupaten Malang; Gunung Ijen wilayah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi; Gunung Ranti, Kabupaten Banyuwangi; Gunung Arjuno, Kabupaten Mojokerto; dan Gunung Semeru Kabupaten Lumajang.

"Api di semua titik belum padam. Kecuali yang di Kawasan TNBTS, Blok G Glendang Desa Oro-oro Ombo, Pronojiwo, Semeru sudah padam," terangnya melalui keterangan tertulis.

2. Kondisi Gunung Kawi

[UPDATE] Kondisi Karhutla Lima Gunung di Jawa TimurGunung Kawi. Instagram.com/yapramitasari

Terkait titik api dan waktu kejadian, BNPB telah mendatanya secara rinci. Berdasarkan informasi yang diperoleh IDN Times, karhutla di Gunung Kawi terjadi sejak pukul 17.50 WIB, Sabtu (26/10). Lokasi yang terbakar petak 212, KRPH Oro-oro Ombo, Pujon, Malang.

"Dampak luas lahan yang terbakar masih dalam pendataan, karena api masih proses pemadaman," kata Agus.

3. Kondisi Gunung Ijen dan Ranti

[UPDATE] Kondisi Karhutla Lima Gunung di Jawa TimurKebakaran di kawasan Gunung Ijen membuat pendakian ditutup. IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Sementara karhutla di Gunung Ijen wilayah Bondowoso terjadi sejak pukul 03.00 WIB, Sabtu dini hari (19/10). Lokasi yang terbakar di kawasan TWA Gunung Ijen. Luas lahan terbakar kurang lebih 73 hektare.

"Kondisi terkini, api belum padam," ucap Agus.

Kemudian karhutla di Gunung Ijen kawasan Banyuwangi terjadi sejak pukul 03.10 WIB, Sabtu (19/10). Si jago merah melalap kawasan TWA Gunung Ijen yang meluas ke Gunung Ranti dan Cagar Alam Merapi Ungup ungup di Kecamatan Licin.

"Lahan terbakar 500 hektare, api belum padam. Masih ditangani heli water bombing," terang Agus.

4. Kondisi Gunung Arjuno

[UPDATE] Kondisi Karhutla Lima Gunung di Jawa TimurAsap membubung dari lokasi kebakaran hutan di lereng Gunung Arjuno terlihat dari Desa Landungsari, Malang, Jawa Timur, Jumat (11/10). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Dia melanjutkan, di Gunung Arjuno, kebakaran terjadi di Area Tahura R. Soeryo, Kabupaten Mojokerto. Api diketahui sejak pukul 12.00 WIB, Rabu (16/10). Luas yang terbakar masih dalam pendataan BPBD kabupaten dan provinsi.

"Blok Bukit Semar Desa Dilem Kecamatan Gondang masih dilakukan pemantauan, pemadaman pada titik api yang dapat dijangkau. Kendala penanganan lokasi atau medan sulit dijangkau untuk jalur darat, perlu upaya water bombing," jelas Agus.

5. Kondisi Gunung Semeru

[UPDATE] Kondisi Karhutla Lima Gunung di Jawa Timurwisatamu.com

Sedangkan karhutla di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) tepatnya Blok G Glendang Desa Oro-oro Ombo, Pronojiwo, Lumajang diketahui sejak pukul 19.00 WIB, Jumat malam (25/10). Namun api segera dijinakan oleh petugas, sekarang dipastikan sudah padam.

"Lahan terbakar 1,5 hektare, kondisi terkini api sudah padam," pungkas Agus.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya