Tol KLBM Mulai Beroperasi, 2 Pekan Ini Masih Gratis

Hubungkan sentra-sentra industri

Gresik, IDN Times - Pembangunan Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) dipastikan telah selesai. Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa pun menyatakan bahwa jalur ini siap beroperasional. Khofifah menjajal tol tersebut dengan melakukan tapping kartu tol elektronik di Gerbang Tol Cerme, Gresik, Sabtu (28/11/2020).

1. Gratis selama 2 minggu

Tol KLBM Mulai Beroperasi, 2 Pekan Ini Masih GratisGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat mencoba Tol KBM. Dok. Humas Pemprov Jatim

Khofifah mengatakan, selama dua pekan ini masyarakat sudah bisa menikmati Tol KLBM secara gratis. Mantan Menteri Sosial itu juga telah mencoba tol berjarak 29 km ini. Mulai dari Gerbang Tol (GT) Cerme hingga Legundi. Kemudian rombongan putar balik menuju ke GT Bunder Gresik.

“Alhamdulillah, atas izin Allah kita mulai operasikan Tol KLBM sepanjang 29 kilometer. Kita akan melihat progres finalisasinya. Di Km 13 akan disiapkan rest area. Format desain rest area cukup unik. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat yang besar bagi seluruh layanan publik,” ujarnya dalam rilis yang diterima IDN Times, Minggu (29/11/2020).

2. Jadi penghubung ring 1 industri Jatim

Tol KLBM Mulai Beroperasi, 2 Pekan Ini Masih GratisGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat mencoba Tol KLBM. Dok. Humas Pemprov Jatim

Tol KLBM, kata Khofifah, akan menghubungkan ring satu industri di Jatim. Nantinya, tol ini akan diperpanjang sampai Manyar-Tuban. Operasionalisasi tol ini menjadi titik penting untuk meningkatkan layanan  publik kepada masyarakat, terutama kaitannya dengan transportasi publik.

“Tidak hanya untuk masyarakat Surabaya, Mojokerto, Sidoarjo  dan Gresik, tetapi semua yang berkaitan dengan public transportation yang bisa kita maksimalkan efsiensi efektivitasnya. Utamanya, untuk membangun konektivitas sentra-sentra industri di Sidoarjo-Mojokerto-Gresik,” kata dia.

Baca Juga: Waskita Kebut Pembangunan 3 Tol di Jatim, 2 Hampir Rampung

3. Berjarak 29 km dengan tarif Rp29 ribu

Tol KLBM Mulai Beroperasi, 2 Pekan Ini Masih GratisGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat mencoba Tol KLBM. Dok. Humas Pemprov Jatim

Pada kesempatan yang sama, Dirut PT. Waskita Bumi Wira, Herwidiakto mengatakan, setelah dua minggu uji coba, rencananya biaya tol akan dikenakan sekitar Rp29 ribu untuk jarak tempuh 29 km. Harga tersebut dinilai lebih murah daripada operasional kendaraan logistik.

“Itu secara technical pasti lebih murah dari operasional kendaraan logistik. Baik dari sisi waktu, BBM, dan penggunaan mesin,” ucapnya.

Lebih lanjut, konektivitas Tol Surabaya-Mojokerto dengan Tol KLBM, masih lewat atas. Saat ini sedang dibangun dua ramp untuk konektivitas Mojokerto ke Krian-Legundi-Bunder, serta dari Krian-Legundi-Bunder ke Mojokerto.

Baca Juga: Proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi, Pembebasan Lahan Baru 5 Persen

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya