Timbul Jadi Bupati Probolinggo 18 Hari

Namanya masuk DCS Caleg DPRD Jatim

Surabaya, IDN Times - Timbul Prihanjoko resmi dilantik sebagai Bupati Probolinggo oleh Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Rabu (6/9/2023). Timbul hanya mengemban jabatan ini selama 18 hari saja. Karena masa jabatannya berakhir pada 24 September 2023.

Khofifah berpesan kepada Timbul agar segera berkoordinasi dengan DPRD Probolinggo, meski jabatannya hanya sebentar. Koordinasi yang dimaksud terkait dengan Rancangan APBD 2024 dan Perubahan APBD 2023.

"Masa jabatannya cukup pendek. Maka dari itu untuk segera koordinasi dengan pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo. Saat ini masa di mana penyiapan RAPBD 2024 dan PABPD 2023," ujarnya saat pelantikan.

Pembahasan RAPBD, kata Khofifah, sangat penting bagi Probolinggo. "Konstruksi anggaran dan program 2024 sangat tergantung pada progrma prioritas yang akan dijalankaj tahun 2024. Saya mengajak tidak melihat pendeknya waktu masa jabatan. Tugas prioritas sesungguhnya ini ruh pemerintahan. Ruhnya dari APBD," kata Khofifah.

Perancangan APBD, sebut Khofifah, juga menjadi salah satu legitimasi seorang kepala daerah. Dia mengajak agar tidak melihat panjang atau pendeknya masa jabatan. Tapi harus berkontribusi besar saat mengemban jabatan yang ada. 

"Ini akan menjadi sumber legitimasi seluruh program yang dijalankan daerah provinsi/kabupaten/kota," ucap dia.

Mantan Menteri Sosial ini turut mendoakan Timbul agar bisa menahkodai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dengan lancar. Sehingga menyelesaikannya dengan baik. "Mudah mudahan dalam menjalankan tugas ini selalu berseiring ridho Allah," harap dia.

Setelah masa jabatannya berakhir, Timbul akan fokus menjadi Calon Legislatif (Caleg) Anggota DPRD Jatim. Diketahui, Timbul masuk Daftar Calon Sementara (DCS) KPU Jatim. Politisi PDIP ini maju sebagai Caleg DPRD Jatim Dapil Jatim III (Pasuruan, Probolinggo). 

Baca Juga: Jaksa Tolak Permohonan PK Eks Bupati Probolinggo dan Suami

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya