Tersangka Terorisme Dibawa ke Jakarta, Beredar Pesan Ancaman ke Polisi

"AKAN KAMI JADIKAN SASARAN UTAMA!" bunyi pesan itu

Surabaya, IDN Times - Kabid Humas Polda Jawa Timur (Jatim), Kombes Pol Gatot Repli Handoko membenarkan adanya pesan berantai via WhatsApp berupa ancaman ke aparat kepolisian, Kamis (18/3/2021). Pesan itu tersebar sekitar pukul 09.00 WIB, usai 22 tersangka kasus terorisme diberangkatkan dari Mapolda Jatim ke Mabes Polri.

Adapun petikan pesan tersebut:
"DAN TUNGGU SAAT NYA SEBENTAR LAGI BEBERAPA DAERAH TERUTAMA JAWA TIMUR AKAN MENDAPATKAN SERANGAN DARI KAMI! TERUTAMA TEMPAT BERMARKAS NYA PARA BAJINGAN COKLAT AKAN KAMI JADIKAN SASARAN UTAMA!,"

"Informasi itu sudah kita terima sebelum menggeser dari Mapolda ke bandara, itu sudah kita terima informasi itu," ujar Gatot.

1. Polda kerahkan Tim Siber lakukan penyelidikan

Tersangka Terorisme Dibawa ke Jakarta, Beredar Pesan Ancaman ke Polisiunsplash

Mengetahui hal tersebut, lanjut Gatot  pihaknya sekarang ini menyelidikinya. Perwira dengan tiga melati emas ini menambahkan, Tim Siber Ditreskrimsus Polda Jatim sedang mendalami dan melakukan profilling pembuat pesan.

"Nunggu hasil, masih di-profilling dan kita sudah koordinasikan dengan Ditsiber serta Densus untuk memprofilling siapa yang membuat dan menyebarkan," katanya.

Baca Juga: Barang Bukti Penggerebekan Teroris di Jatim, Ada Buku Imam Samudra

2. Tersangka teroris masih fokus rekrut anggota

Tersangka Terorisme Dibawa ke Jakarta, Beredar Pesan Ancaman ke PolisiTersangka teroris diberangkatkan ke Mabes Polri, Kamis (18/3/2021). Dok. Ist

Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo mengatakan, tersangka kasus terorisme ini masih dalam keterkaitan satu sama lain. Menurut keterangan sementara, mereka belum memetakan target aksi secara pasti. Karena masih fokus melakukan perekrutan anggota

"Dan selama lima tahun mereka mendapatkan 50 (anggota) yang bisa dilakukan perekrutan oleh kelompok mereka ini," katanya.

Pascapenangkapan ini, Polda Jatim akan melakukan penyelidikan dan pemantauan di sekitar lokasi penangkapan secara terus menerus. Slamet menegaskan pihaknya tidak mau kecolongan aksi teror di wilayah hukumnya.

"Kita pasti rutin mekakukan kegiatan pengamanan kewilayahan dari 39 Polres jajaran di Jatim," tegasnya.

3. Berikut inisial tersangka teroris

Tersangka Terorisme Dibawa ke Jakarta, Beredar Pesan Ancaman ke PolisiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sekadar diketahui, 22 tersangka teroris itu ditangkap di beberapa wilayah di Jatim. Yakni di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Mojokerto, Malang dan Bojonegoro. Mereka yakni, FA, FU, NA, SS, AY, TS, YA, RZ, BR, YP, EP, YT, AI, AS, RA, ZA, ME, IE, HS, AR, BS dan HAB.

Densus 88 Polri juga menyita sejumlah buku, antara lain berjudul 'Tarbiyah Jihadiyah' karya Assyaikh Dr Abdullah Azzam, 'Mimpi Suci di Balik Jeruji Besi' karya Ali Ghufron, 'Sekuntum Rosela Pelipur Lara' karya Imam Samudra dan buku 'Wasiat Syuhada' WTC' karya Abul Abbas Az-zahrani. Juga menyita sejumlah barang bukti lain, seperti senjata tajam samurai, puluhan kotak amal, hingga uang tunai Rp197 juta.

Baca Juga: [FOTO] Dirantai, 22 Tersangka Teroris Jatim Tiba di Soekarno-Hatta

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Bella Manoban

Berita Terkini Lainnya