Tegas! Ponpes Tebuireng Tak Dukung Paslon di Pilpres 2024

Pengasuh ponpes terbitkan maklumat!

Jombang, IDN Times - Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Jombang buka suara perihal klaim dukungan terhadap Pasangan Calon (Paslon) Presiden - Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Salah satu ponpes besar di Jawa Timur (Jatim) ini pun menepis adanya dukung mendukung Paslon di Pilpres 2024 lewat surat edaran yang diunggah akun @tebuirengonline di media sosial Twitter atau X.

IDN Times mengonfirmasi Pengasuh Ponpes Tebuireng, KH Abdul Hakim Machfudz via asisten pribadinya, Mustain Denta Yakub. Dia membenarkan bahwa edaran itu secara resmi dikeluarkan oleh pengasuh ponpes.

"Nggeh, niku Maklumat Pengasuh Tebuireng (iya, itu Maklumat Pengasuh Tebuireng)," ujarnya, Rabu (7/2/2024).

Edaran berupa Maklumat itu memang diterbitkan pada 7 Februari 2024 yang ditandatangani oleh Gus Kikin--panggilan Pengasuh Ponpes Tebuireng. Terdapa lima poin yang dicantumkan dalam maklumat.

Pertama, Pesantren Tebuireng selalu menjaga marwah pesantren dengan berasaskan kebangsaan untuk kemaslahatan umat, sebagaimana diajarkan oleh Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asyari.

Kedua, Pesantren Tebuireng tidak pernah terlibat politik praktis,termasuk memberikan dukungan terbuka dalam kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden.

Ketiga, Pesantren Tebuireng tetap dalam posisi netral dan tidak berpihak dalam Kontestasi Pilpres 2024 dalam rangka menjaga persatuan dan semangat ukhuwah.

Keempat, Pesantren Tebuireng senantiasa menerima dan menghormati tamu yang bersilaturahim sesuai dengan tuntunan ajaran Islam.

Kelima, adanya kegiatan "pemberian dukungan" terhadap salah satu Paslon Pilpres 2024 di acara "Mudzakarah Indonesia Maju" yang diadakan di lokasi parkir KMGD (di luar kawasan Pesantren Tebuireng) tidak mewakili sikap kelembagaan Pesantren Tebuireng, melainkan merupakan sikap personal. 

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur (Jatim) Prabowo - Gibran, Boedi Prijo Soeprajitno membenarkan bahwa Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng telah merapatkan dukungan kepada Pasangan Calon Presiden - Wakil Presiden (Paslon) nomor urut 2, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Dukungan itu, kata Boedi, dideklarasikan dalam bentuk maklumat yang diketahui pada Selasa (6/2/2024). Pihaknya pun kian optimistis kalau Prabowo - Gibran dapat memenangkan kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Karena tak hanya Ponpes Tebuireng, juga ada beberapa ponpes besar lainnya yang mendukung 02.

"Kita menyaksikan pondok pesantren legendaris di Jatim dengan santri dan alumninya yang puluhan ribu juga mulai bergeser dukungannya seperti Sidogiri, Bumi Sholawat bahkan Tebuireng tadi sore juga mendeklarasikan dukungan ke Prabowo Gibran," ujar Boedi, tertulis.

Tegas! Ponpes Tebuireng Tak Dukung Paslon di Pilpres 2024Surat pernyataan Ponpes Tebuireng terkait Pemilu 2024. Dok. Istimewa.

Baca Juga: TKD Jatim: Prabowo-Gibran Dapat Dukungan Ponpes Tebuireng

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya