Tak Jadi Pengusung, Ummat Pilih Jadi Parpol Pendukung di Jatim

Dukung siapa nih?

Surabaya, IDN Times - Partai Ummat sempat dikabarkan menjadi partai politik (parpol) pengusul atau pengusung Bakal Calon Gubernur - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Tri Rismaharini - Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans. Namun, pada hari pendaftaran hanya dua parpol yang mengusung, PDIP dan Partai Hanura.

Ketua DPW Partai Ummat Jatim, Sardjono Budi Santoso membenarkan bahwa memang partainya tidak menjadi partai pengusung pasangan Risma - Hans. Namun ia memastikan kalau tetap mendukung pasangan penantang petahana tersebut.

"Jadi (ke Risma - Hans) tapi sebagai pendukung," ujarnya kepada IDN Times, Kamis (12/9/2024).

Sardjono menambahkan, Partai Ummat akan memberikan dukungan maksimal kepada Risma - Hans. Yakni dengan menggerakan seluruh kadernya yang ada di Jatim. Kemudian berkonsolidasi dengan dua partai lainnya, yakni PDIP dan Hanura.

Namun, hingga kini, pasangan Risma - Hans belum menentukan formatur tim pemenangan. Ketua timnya belum diumumkan. Hanya saja, sejumlah nama menterang mulai dari menteri hingga kepala daerah disebut.

Nama-nama yang dimaksud ada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani hingga Bupati Trenggalek, M. Nur Arifin.

Selain pasangan tersebut, juga ada duet petahanan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak yang diusung 15 partai politik. Boedi Prijo Soeprayitno ditunjuk menjadi ketua tim pemenangan Khofifah-Emil, ia sebelumnya adalah Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran di Jatim.

Kemudian ada pasangan Luluk Hamidah dan Lukmanul Khakhim yang diusung PKB untuk meramaikan Pilkada 2024. PKB telah menunjuk Bendahara DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi menjadi ketua tim pemenangan Luluk-Lukman.

 

Baca Juga: Gus Hans dan Putra Risma Ziarah ke Makam Sawunggaling

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya