Tak Ada Arahan Khusus, Muhammadiyah Hanya Beri Kriteria Capres

Lho...

Surabaya, IDN Times - Muhammadiyah Jawa Timur (Jatim) tidak memberikan instruksi khusus pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang kepada para kadernya. Kendati begitu, tetap ada indikator yang akan diberikan untuk menjadi acuan bersama.

"Kita tidak akan memberikan arahan kepada warga Muhammadiyah untuk memilih pasangan Presiden maupun Wakil Presiden," ujar Ketua PW Muhammadiyah Jatim, Sukadiono saat di Kantor PWM Jatim, Senin (23/10/2023).

"Paling tidak nanti kita berikan indikator yang kaitannya dengan Calon Presiden," imbuh dia. Indikator yang dimaksud Sukadiono tidak menjurus pada identitas diri paslon Presiden - Wakil Presiden. Namun kriteria pemimpin yang ideal, yang bisa memberi kontribusi kepada organisasi Muhammadiyah.

"Yang sering kami sampaikan kepemimpinan profetik itu, ada empat, jujur, amanah, tabligh yang pandai berkomunikasi juga pandai pendekatan, kemudian ada fathonah cerdas," terangnya.

Terlepas dari kriteria yang disebutkan, Sukadiono mengakui beberapa figur Capres menemui tokoh Muhammadiyah di pusat sebelum deklarasi bersama Cawapresnya. Nah setelahnya, sampai saat ini belum ada yang mendekati Muhammadiyah.

"Sebelum penetapan sudah banyak yang ketemu (tokoh Muhammadiyah di pusat). Setelah deklarasi belum ada. Kita menjaga jarak yang sama, kalau menerima satu, ya semuanya diterima," pungkas dia.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya