Survei CSIS Suara Jokowi di Jatim Jauh dari Target, Ini Langkah Timses

Targetnya 70 persen, tapi hasil survei hanya 49 persen

Surabaya, IDN Times - Lembaga survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil survei terbarunya, Kamis (28/3). Alhasil, pasangan calon Jokowi-Ma'ruf Amin masih unggul di atas Prabowo-Sandiaga.

Responden yang memilih paslon nomor urut 01 sebesar 51,4 persen. Sementara paslon nomor urut 02 hanya dipilih oleh 33,3 persen. Akan tetapi, jika dilihat berdasarkan daerah, kemenangan Jokowi-Ma'ruf di Jatim hanya 49,1 persen dan Prabowo-Sandiaga 23,1 persen. Ini jelas jauh dari target mereka yang mencapai 70 persen. Di sisi lain, jumalh responden yang memilih untuk tidak menjawab mencapai 25,3 persen.

1. Jadi pemacu kampanye door to door

Survei CSIS Suara Jokowi di Jatim Jauh dari Target, Ini Langkah TimsesIDN Times/Fitria Madia

 

Perolehan 49,1 persen dalam survei CSIS ini tentunya masih jauh dari target Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim Jokowi-Ma'ruf Amin. Timses menarget kalau Jokowi bisa kantongi 70 persen suara.

"Hasil itu menjadi pemacu kami untuk melakukan door to door (sosialisasi pilih paslon 01)," ujar Ketua TKD Jatim, Machfud Arifin kepada IDN Times, Kamis (28/3).

Baca Juga: Unggul di Survei, Ini Tanggapan Ma'ruf Amin

2. Tarik pemilih yang belum tentukan pilihan

Survei CSIS Suara Jokowi di Jatim Jauh dari Target, Ini Langkah TimsesDok. IDN Times/Istimewa

 

Optimisme Machfud untuk memperoleh target suara yang telah dipatok masih tinggi. Mantan Kapolda Jatim ini menyebut 25,3 persen suara dalam survei yang tidak menjawab bisa diyakinkan untuk mencoblos Jokowi-Ma'ruf Amin pada 17 April nanti.

"Kan masih banyak belum tentukan pilihan kalau dibagi 2 saja sudah 61 persen lebih untuk Pak Jokowi-Ma'ruf Amin," kata Machfud.

3. Yakin bisa naik sampai 65 persen lebih pasca debat

Survei CSIS Suara Jokowi di Jatim Jauh dari Target, Ini Langkah TimsesIDN Times/Fadli Syahputra

Lebih lanjut, Machfud melihat Jokowi-Ma'ruf Amin bisa raup suara tambahan pasca debat keempat yang akan digelar Sabtu (30/3) besok. "Kalau dilihat kampanye dan debat, mudah-mudahan bisa naik. Jadi kami bisa 65 persenan," tambah Machfud.

4. Tetap optimis tatap target 70 persen

Survei CSIS Suara Jokowi di Jatim Jauh dari Target, Ini Langkah TimsesCSIS

 

Sementara untuk menggenjot 5 persen sisa agar 70 persen sesuai target, Machfud mengintruksikan seluruh relawan Jokowi-Ma'ruf Amin turun ke warga Jatim. Sehingga pada hari pemungutan suara nanti, target itu bisa tercapai. "Kami tetap optimis di tanggal 17 April suara Pak Jokowi-Ma'ruf Amin sesuai target awal," pungkas Machfud.

Baca Juga: Jokowi-Ma'ruf Kalah di Sumatera, Tapi Unggul di Hampir Semua Wilayah 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya