Survei ARCI, Ini Tokoh Alternatif Pendamping Khofifah di Pilgub Jatim

Siapa tuh?

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa dipastikan tidak ikut Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ia pun diprediksi kuat maju sebagai Calon Gubernur Jatim sebagai petahana. Namun ada sejumlah spekulasi kalau posisi wakilnya berubah.

Lembaga Survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) mengeluarkan hasil surveinya kalau ada sejumlah nama yang layak menjadi pendamping Khofifah di Pilgub 2024. Nama-nama itu tentunya punya elektabilitas yang sedang naik.

Kelayakan pendamping itu diambil dari elektabilitas Calon Gubernur Jatim. ARCI menempatkan Khofifah berada di urutan pertama, dengan 35,6 persen. Disusul Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak dengan 19,4 persen. Serta Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi berada di tempat ketiga sebesar 17,3 persen.

"Untuk tiga besar kandidat potensial di Pilgub Jatim itu ada Khofifah, Emil, lalu Cak Fauzi,” ujar Direktur ARCI, Baihaqi Sirajt saat memaparkan hasil survei, Rabu (1/11/2023).

Baihaqi menilai, kalau Fauzi bisa menjadi kuda hitam dalam kontestasi Pilgub Jatim. Selain itu, tokoh muda Madura itu juga dinilai bisa menjadi alternatif yang tepat untuk Khofifah andai tak memilih Emil sebagai calon wakil gubernur.

Sekadar diketahui, Survei ARCI dilakukan dalam rentang 22-27 Oktober 2023, menempatkan 1.000 responden melalui wawancara tatap muka, dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. 

Baca Juga: Emil Anggap Wajar Khofifah Diusulkan Jadi Ketua Timses Prabowo-Gibran

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya