Survei ARCI: Elektabilitas Prabowo, Ganjar dan Muhaimin Bersaing

Survei ARCI dilakukan pada 15-27 Januari 2022

Surabaya, IDN Times - Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terbaru elektabilitas Calon Presiden (Capres) 2024 di Jawa Timur (Jatim). Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar berada di tiga besar survei ini.

"Yang mengejutkan, elektabilitas Muhaimin Iskandar yang masuk 3 besar Capres 2024 menurut pilihan warga Jatim," ujar Direktur ARCI Baihaki Sirajt saat paparan survei ARCI di Surabaya, Rabu (16/2/2022).

1. Elektabilitas Prabowo dan Muhaimin terpantau naik dibanding survei sebelumnya

Survei ARCI: Elektabilitas Prabowo, Ganjar dan Muhaimin BersaingANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Tren elektabilitas Menhan yang juga Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Wakil Ketua DPR RI yang juga Ketum PKB, Muhaimin Iskandar paling meningkat. Khusus untuk Muhaimin, elektabilitasnya meningkat dua kali lipat dibanding survei ARCI Oktober 2021 lalu.

"Prabowo kenaikan elektabilitas 1,2 persen menjadi 19,9 persen. Yang naiknya tinggi Muhaimin, dari Oktober lalu 6,9 persen sekarang menjadi 14,9 persen," kata Baihaki.

Baca Juga: Kumpulan Emak-emak Lamtim Dukung Muhaimin Iskandar Maju Pilpres 2024

2. Sebut safari politik Muhaimin efektif, Gerindra jaga elektabilitas Prabowo

Survei ARCI: Elektabilitas Prabowo, Ganjar dan Muhaimin BersaingIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Terkait faktornya, Baihaki menilai, safari politik yang dilakukan Muhaimin cukup efektif. "Kita semua tahu, sebulan terakhir ini Muhaimin Iskandar turun ke Jatim, dan mendatangi ponpes-ponpes hingga grass root NU," katanya.

"Ini membuktikan, bahwa safari politik yang dilakukan politisi PKB yang juga keponakan Gus Dur berhasil, dan mendapat simpati dari warga, khususnya warga NU di Jatim," dia menambahkan.

Sementara Prabowo meski tidak pernah ke Jatim ya selama 2022 ini, tapi eksistensi Gerindra juga turut berdampak. Sehingga elekbiltas Prabowo masih stabil dan sedikit meningkat. Kemudian untuk Ganjar, menurun dari 20,2 persen menjadi 18,1 persen.

"Faktor PDIP yang belum mendukung Ganjar menjadi salah satu penyebabnya. Dan publik cenderung memilih figur yang memang juga erat kaitannya dengan parpol," terangnya.

Baca Juga: Siap Nyapres Lagi, Prabowo Bakal Deklarasi Jadi Capres Tahun Ini?

3. Nahdliyin dalam survei cenderung ke Muhaimin, Khofifah dan Erik Thohir

Survei ARCI: Elektabilitas Prabowo, Ganjar dan Muhaimin Bersaing

Baihaki menambahkan, dalam Pilpres 2024, masyarakat Jatim cenderung masih memiliki kepercayaan terhadap Prabowo. Selain itu, kepercayaan warga Nahdliyin terhadap Muhaimin Iskandar terus meningkat. Sebanyak 37,1 persen Nahdliyin dalam survei memilih Muhaimin. Disusul Khofifah 11,6 persen dan Erik Thohir 9,7 persen.

Sekadar diketahui, Survei ARCI dilakukan pada 15-27 Januari 2022 di 38 Kabupaten/Kota Jatim dengan jumlah responden proporsional. Survei ini menggunakan mutistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.200. Margin of error sebesar 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut hasil survei ARCI terkait elektabilitas Capres di Jatim:

1. Prabowo Subianto 19,9 persen
2. Ganjar Pranowo 18,1 persen
3. Muhaimin Iskandar 14,9 persen
4. Khofifah Indar Parawansa 8,1 persen
5. Anies Baswedan 5,6 persen
6. Agus Harimurti Yudhoyono 5,1 persen
7. Mahfud MD 4,2 persen
8. Ridwan Kamil 4,1 persen
9. Puan Maharani 2,9 persen
10. Airlangga Hartarto 2,8 persen
11. Sandiaga Salahudin Uno 2,5 persen
12. Erick Thohir 2,3 persen
13. Gatot Nurmantyo 1,7 persen
14. Andika Perkasa 1,5 persen
15. Surya Paloh 0,9 persen
16. Rizal Ramli 0,7 persen
17. Tito Karnavian 0,5 persen
- Belum menjawab 4,2 persen.

Baca Juga: Survei Capres 2024 SMRC: Ridwan Kamil Salip Prabowo dan Anies

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya