Surabaya Akan Miliki Alun-alun di Pusat Kota

Wah gak cuma taman ini

Surabaya, IDN Times - Pemerintah kota (Pemkot) Surabaya rupanya terus berusaha memanjakan warganya. Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini bukan lagi mau menghadirkan taman. Lebih dari itu, Risma sapaan akrabnya, akan merealisasikan Alun-alun di Kota Pahlawan.

1. Terletak di Jalan Pemuda

Surabaya Akan Miliki Alun-alun di Pusat KotaIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Alun-alun Suroboyo, rencananya akan dibangun di kawasan Jalan Pemuda. Tempat itu nantinya terintegrasi dengan Balai Pemuda yang terletak di Jalan Yos Sudarso. Kedua tempat ini menyambung melalui terowongan bawah tanah dari sisi Barat ke Timur.

Menariknya, di terowongan bawah tanah itu terdapat basement dua lantai di bawah Balai Pemuda. Pada lantai satu basement akan dibuatkan tempat khusus produk kuliner khas Surabaya. Sedangkan di lantai dua akan dibuat parkir basement.

“Jadi ada eskalatornya, ada liftnya untuk disabilitas. Kalau dari sisi Barat ke Timur bisa gandengkan luas, itu nanti terhubung sampai ke bawah,” ujar Risma saat di kediamannya, Rabu (27/2).

2. Alun-alun seluas 2.000 meter persegi

Surabaya Akan Miliki Alun-alun di Pusat KotaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Wali kota perempuan pertama Surabaya ini menyebut, nantinya Alun-alun Suroboyo memiliki luas sekitar 2.000 meter persegi. Di sana juga akan berdiri patung Sawunggaling Joko Berek. Risma memprediksi, tempat ini bakal menjadi tempat kongkow asik untuk warga Surabaya. Karena memiliki tempat pentas kesenian yang dibuat menyerupai tribun.

“Nanti kayak ada teater kecil gitu, bisa pentas disitu. Ini konsepnya bukan taman, tapi Alun-alun itu tadi. Desainnya sudah ada, sudah lama kita buat."

3. Ada diorama sejarah Surabaya

Surabaya Akan Miliki Alun-alun di Pusat KotaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Lebih lanjut, Alun-alun Suroboyo nantinya juga dilengkapi tempat latihan seni musik bagi anak-anak. Lebih dari itu, juga terdapat diorama tentang perjalanan Kota Surabaya dari masa ke masa. “Dioramanya itu, nanti ditempel di dinding alun-alun gitu," kata wali kota dua periode ini.

Rencananya pembuatan alun-alun tersebut sudah bisa mulai di garap pada tahun 2019.

4. Balai Pemuda dalam tahap penyelesaian

Surabaya Akan Miliki Alun-alun di Pusat KotaIDN Times/Fitria Madia

 

Sementara untuk Balai Pemuda di sisi Barat sudah dalam tahap penyelesaian. Saat ini sedang dilakukan pembuatan saluran pembuangan air dan menata pedestrian. Nantinya, pedestrian di kawasan tersebut akan dilebarkan oleh Risma untuk fasilitas pejalan kaki dan penahan kontruksi basement Balai Pemuda.

“Itu nanti di Balai Pemuda bakal ada air mancurnya, yang mengelilingi disisi pedestriannya itu. Tapi ngga tinggi kayak yang ditengah jalan itu,” tandas Risma.

Baca Juga: Anggota Satpol PP Dibacok, Risma Koordinasi dengan Polisi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya