Sub PIN Polio Jatim Tembus 105,94 Persen

Jangkauannya tembus 4 juta anak

Surabaya, IDN Times - Capaian sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Jawa Timur (Jatim) mencapai 105,93 persen dengan jangkauan 4.700.649 anak yang telah diimunisasi. Kendati begitu, dinas kesehatan (dinkes) diajak untuk tetap tanggap ketika ada kasus polio.

"Alhamdulillah berdasarkan data Dinkes Jatim per 5 Maret 2024, anak-anak usia 0-7 tahun yang sudah diimunisasi mencapai 4.700.649 atau 105,93 persen," ujar Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, Rabu (13/3/2024).

Capaian Pemprov Jatim ini, kata Adhy, juga sejalan dengan komitmen penuh dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur yang juga sudah mencapai target minimal lebih besar sama dengan 95 persen. Ke depannya, lanjut dia, pemerintah, mengupayakan berbagai macam upaya preventif maupun penanganan.

"Setiap waktu, Pemprov Jatim melalui Dinas Kesehatan terus melakukan monitoring pelaksanaan sweeping sub PIN putaran pertama dan kedua sampai dengan 5 Maret 2024," kata Adhy.

Selain itu, Dinkes Jatim juga telah melakukan Rapid Convinience Assesment (RCA) dari hasil sub PIN kedua mulai tgl 6 - 9 Maret 2024. Disisi lain, Dinkes Jatim terus melakukan rapat evaluasi dan koordinasi pelaksanaan Sub PIN putaran kedua pada 6 Maret 2024 secara daring bersama Kementerian Kesehatan.

"Setelah dilakukannya Sub PIN 2 putaran ini, kami meminta kepada masyarakat untuk ikut tanggap menghadapi jika terjadi kasus polio disekitar lingkungan rumah masing masing," katanya.

"Saya minta masyarakat untuk juga peduli dan tanggap jika kemungkinan kasus polio masih terjadi pada masing-masing anak. Pencegahan kasus polio sangat penting dilakukan sehingga anak-anak di Jatim dapat tumbuh menjadi SDM sehat berprestasi dengan tumbuh kembang yang baik," tegasnya. 

Terpenting, Adhy mengajak semua orangtua memberikan perhatian agar menerapkan pola hidup bersih sehat serta selalu imunisasi rutin lengkap dan rutin memeriksakan buah hatinya ke layanan kesehatan. 

Baca Juga: 100 Bus Disiapkan Pemprov Jatim untuk Mudik Gratis, Daftar Mulai Besok

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya