Stok Plasma Konvalesen Kosong, Ketua DPRD Surabaya Ikut Donor

Antrean plasma konvalesen tinggi bulan lalu

Surabaya, IDN Times - Plasma konvalesen dan darah masih menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Terbukti, ketersediaanya di Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya terus menipis. Bahkan stoknya sempat kosong. Pihak PMI pun berharap agar giat donor darah dan donor plasma konvalesen lebih banyak digelar di Kota Pahlawan.

1. Kebutuhan darah dan plasma masih tinggi, sedangkan ketersediaannya kosong

Stok Plasma Konvalesen Kosong, Ketua DPRD Surabaya Ikut DonorIlustrasi pasien sembuh COVID-19 mendonorkan plasma konvalesen di Unit Donor Darah (UDD) PMI (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Ketua Harian PMI Surabaya, Tri Siswanto mengakui, saat COVID-19 sedang tinggi-tingginya bulan lalu antrean untuk mendapatkan plasma konvalesen mencapai 500 lebih. Sedangkan di PMI Surabaya ketersediaannya kosong.

"Karena banyak yang terpapar sedangkan yang donor juga takut karena suasana sangat mencekam. Itu manusiawi. Semoga setelah ini semakin banyak yang donor," ujarnya saat meninjau donor darah dan donor plasma konvalesen di kompleks Wisma SIER, Surabaya, Selasa (31/8/2021).

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 di Surabaya Berhadiah Es Krim 

2. Kegiatan kumpulkan 200 bag darah dan plasma

Stok Plasma Konvalesen Kosong, Ketua DPRD Surabaya Ikut Donorilustrasi plasma konvalesen (bmedicalsystems.com)

Sementara itu, Direktur Operasi PT SIER, Didik Prasetiyono ada sekitar 200 bag darah terkumpul yang terkumpul dalam acara donor darah. Baik darah biasa maupun plasma. Dia berharap darah dan plasma yaang terkumpul dapat membantu semua pihak yang sedang berjuang melawan sakitnya.

"Seperti yang diketahui terapi plasma konvalesen merupakan strategi imunisasi pasif yang telah digunakan dalam pencegahan dan pengelolaan penyakit menular sejak awal abad 20. Dan cara ini dipercaya bisa membantu penyemnbuhan pasien Covid-19,” ungkapnya.

3. Ketua DPRD hingga Kadin Surabaya ikut donor plasma konvalesen

Stok Plasma Konvalesen Kosong, Ketua DPRD Surabaya Ikut DonorKetua DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwijono dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya, Ali Affandi mengikuti donor plasma konvelesen. Dok. Istimewa.

Beberapa yang ikut screening donor plasma konvalesen ialah Ketua DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwijono, Direktur Pemasaran Pengembangan PT SIER, Silvester Budi Agung dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya, Ali Affandi. Adi berharap tidak hanya PT SIER, tapi instansi lain mengadakan screening donor plasma konvalesen dan donor darah serupa.

"Agar kebutuhan plasma konvalesen dan persediaan darah di PMI terjaga karena memang kebutuhannya sangat tinggi," pungkasnya.

Baca Juga: PMI Jatim Ungkap Plasma Konvalesen Jadi Ajang Bisnis hingga Penipuan

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya