Setiap Ramadan, MAS Bagi 30 Ribu Takjil Hingga Gelar Bazar

#RamadanMasaKini Masjid Al-Akbar Surabaya (4)

Surabaya, IDN Times - Setiap masjid maupun musala tentunya mempunyai kegiatan yang lebih padat di bulan suci Ramadan. Salah satunya di Masjid Al-akbar Surabaya (MAS) yang telihat sangat sibuk selama Ramadan. Mulai dari aspek ibadah sampai dengan aspek sosial pun ada.

1. Gelar salat sunnah selama Ramadan

Setiap Ramadan, MAS Bagi 30 Ribu Takjil Hingga Gelar BazarDok.IDN Times/Istimewa

 

Kepala Humas Masjid Al-akbar Surabaya, Helmy M. Noor mengatakan, selama bulan Ramadan, pengurus masjid berkonsentrasi pada lima aspek yang telah dicanangkan dari tahun ke tahun. Yang pertama yakni aspek ibadah, jikalau di bulan biasanya hanya salat lima waktu, namun selama bulan Ramadan ada Salat Tarawih. Ada juga Salat Malam atau Qiyaumul Lail.

"Untuk Qiyaumul Lail kita laksanakan pada sepuluh hari terakhir. Biasanya setiap malam ganjil, 21, 23, 25, 27 dan 29 jemaah melebihi dari Salat Jumat. Kadang bisa tembus dari 30 ribu jamaah," ujar Helmy.

Baca Juga: Menara 99 Meter hingga Fasilitas Pernikahan Jadi Daya Tarik MAS

2. Ada dakwah entertainment selama Ramadan

Setiap Ramadan, MAS Bagi 30 Ribu Takjil Hingga Gelar BazarDok.IDN Times/Istimewa

 

Nah, untuk aspek kedua yang menjadi konsentrasi pengurus masjid yaitu aspek dakwah. Helmy menambahkan, jika biasanya pengajian dilakukan setelah Salat Subuh dan Salat Maghrib. Tetapi, selama ramadan, dakwah dilakukan setelah subuh, setelah dhuhur, menjelang maghrib atau ngaji ngabuburit, dan menjelang tarawih.

"Selain itu, ada pengajian di bulan Ramadan yaitu syiar dan syair. Artinya menggabungkan pengajian dengan musik religi. Ini mengundang kiai-kiai entertainment," kata Helmy.

Kegiatan tersebut setiap minggu sekali digelar. Helmy mengakui jemaah masjid sangat luar biasa antusiasnya.

3. Sediakan penerimaan zakat dan bagi-bagi 30 ribu takjil tiap harinya

Setiap Ramadan, MAS Bagi 30 Ribu Takjil Hingga Gelar BazarDok.IDN Times/Istimewa

 

Lebih lanjut, Masjid Al-akbar Surabaya juga memiliki aspek ketiga yang menjadi konsentrasi selama Ramadan yakni aspek sosial. Helmy mengungkapkan, pihaknya menerima zakat, infaq dan shadaqah. Untuk kemudian dibagi kepada masyarakat yang berhak menerimanya. 

"Selain itu, aspek sosial kita setiap hari memberikan takjil kepada lebih dari 30 ribu jemaah. Ada kurma, air mineral dan nasi dibagi kepada seluruh jamaah yang hadir di MAS saat maghrib dikumandangkan," terang Helmy.

4. Sarana wisata religi di masjid hingga bazar

Setiap Ramadan, MAS Bagi 30 Ribu Takjil Hingga Gelar BazarIDN Times/Abraham Herdyanto

Kemudian, aspek keempat ada aspek wisata. Helmy menyebut, Masjid Al-akbar Surabaya memiliki wisata religi berupa menara setinggi 99 meter. Setiap sore biasanya masyarakat datang ke masjid ada yang ingin jalan-jalan, naik menara maupun mengaji yaitu ngaji ngabuburit.

"Itulah aspek wisata religi yang ada di Masjid Al-akbar Surabaya sembari menunggu datangnya waktu berbuka puasa," tambah Helmy.

Yang terakhir aspek kelima yaitu aspek ekonomi. Selama ramadan, ada 110 stand bazar Ramadan di Masjid Al-akbar Surabaya yang digelar mulai pukul 15.00 sampai pukul 22.00 WIB. Sehingga dapat melayani seluruh masyarakat umum yang melipir ke MAS.

"Karena di dalam aspek bazar tadi ada kuliner, ada fashion, ada juga kebutuhan-kebutuhan untuk kepentingan lebaran. Misalnya makanan maupun jajanan, itulah kelima aspek yang ada di Masjid Al-akbar Surabaya selama Ramadan," pungkas Helmy.

Baca Juga: Menara 99 Meter hingga Fasilitas Pernikahan Jadi Daya Tarik MAS

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya