Selama Lebaran, Basarnas Siaga 16 Hari di Titik Vital Jatim

Kerahkan personel hingga alat utama

Surabaya, IDN Times - Badan SAR Nasional (Basarnas) turut turun untuk memastikan kelancaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijirah. Operasi khusus dengan menerjunkan sejumlah personel pun dilakukan. Termasuk peralatannya.

1. Siaga SAR Khusus digelar selama 16 hari

Selama Lebaran, Basarnas Siaga 16 Hari di Titik Vital JatimKepala Basarnas Surabaya, M. Hariyadi. Dok. Basarnas Surabaya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya, Muhammad Hariyadi mengatakan, operasi khusus itu dinamai Siaga SAR Khusus Lebaran. Operasi ini akan berlangsung selama 16 hari sejak Rabu (3/4/2024). 

"Siaga SAR Khusus ini adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik yang melakukan perjalanan menuju ke kampung halaman masing-masing," ujarnya, Kamis (4/4/2024).

2. Personel, alut Basarnas dikerahkan di titik vital

Selama Lebaran, Basarnas Siaga 16 Hari di Titik Vital JatimApel Siaga Mudik Lebaran di Bandara Juanda. Dok. Humas Bandara Juanda.

Hariyadi melanjutkan, personel dan alat utama (alut) Basarnas Surabaya seperti Kapal Negara (KN) SAR dan Helikopter Basarnas akan dikerahkan untuk melakukan stand by di beberapa titik lokasi yang tersebar di Jawa Timur.

Antara lain ruas Jalan Tol Jombang Mojokerto, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Ketapang Banyuwangi dan Bandara Juanda. 

“Kita akan bersiaga dengan peralatan kami, salah satunya thermal drone untuk memantau arus mudik agar dapat dengan segera membantu pemudik yang mungkin akan membutuhkan pelayanan jasa SAR maupun dalam keadaan kedaruratan selama perjalanan” katanya.

Baca Juga: KN SAR Permadi Angkut Bantuan Logistik Meluncur ke Bawean

3. Tempat wisata juga mendapatkan atensi khusus penjagaan Basarnas

Selama Lebaran, Basarnas Siaga 16 Hari di Titik Vital JatimPersonel Basarnas Surabaya siaga operasi khusus. Dok. Basarnas Surabaya

Tidak hanya itu, pada Hari Raya Idul Fitri, Basarnas Surabaya juga mengerahkan personel dari Pos SAR Banyuwangi, Pos SAR Jember, Pos SAR Trenggalek, dan Pos SAR Sumenep untuk melakukan pemantauan di sejumlah tempat wisata yang mengalami peningkatan pengunjung. 

“Beberapa personel secara bergantian akan melakukan pemantauan di beberapa lokasi wisata seperti Pantai Papuma, Pantai Watu Ulo, Pantai Slopeng, maupun Taman Ria Kenjeran Surabaya” pungkasnya.

Baca Juga: Alasan Orang Hilang Hanya Dicari Selama 7 Hari Menurut SAR

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya