Sebut Ratusan APK Rusak dan Lenyap, Relawan Prabowo Lapor Bawaslu

Desak pelaku ditangkap dan dijatuhi hukuman

Surabaya, IDN Times - Relawan Pasangan Calon (Paslon) Presiden - Wakil Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, Pilar 08 melapor ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur (Jatim). Laporan ini berkaitan dengan dugaan Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho Prabowo-Gibran.

Saat dikonfirmasi, Ketua Umum Pilar 08 Kanisius Karyadi bilang kalau ada ratusan APK Prabowo - Gibran yang dirusak. APK tersebut, kata Kanisius, berada di Jatim. Pihaknya pun tidak terima dengan pengerusakan APK, bahkan ada yang hilang.

Kanisius mensinyalir ada yang tidak suka dan gerah dengan ribuan baner Pilar 08 yang mendukung Prabowo - Gibran. Sehingga sampai merusak dan menghilangkannya

"Ini menunjukkan cara demokrasi yang kurang dewasa, kurang menerima perbedaan, kurang beretika." ujarnya, Rabu (7/2/2024).

Kanisius Karyadi mendesak supaya aparat seperti Bawaslu, dan pihak lain turut mengawasi. "Jangan ada lagi perusakan atau penghilangan, karena itu perbuatan anti demokrasi," tegasnya.

Selain itu, Kanisius Karyadi mengimbau relawan Pilar 08 tidak perlu meniru tindakan yang kurang beretika dan tidak bermartabat itu. Dia juga meminta para pendukung dan simpatisan Prabowo Gibran tetap sabar dan tidak terpengaruh.

"Mari kepada pendukung Prabowo Gibran, di seluruh dunia, hadir dan coblos Paslon nomor 2 Prabowo Gibran di TPS masing masing sehingga menang telak satu putaran," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Hukum Pilar 08, Hanfi Fadjri mengatakan ratusan APK Paslon 02 yang lenyap atau hilang tanpa sisa di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur itu merupakan hal yang serius. Menurutnya ini bukan pelanggaran administrasi tetapi tindak pidana pemilu.

"Perusakan dan menghilangkan alat peraga kampanye baliho, spanduk, banner dan lainnya merupakan pelanggaran serius itu ada 2 delik yaitu delik pidana umum serta delik pencurian," tegasnya.

"Tentu saja sangat merugikan, baik itu paslon 02, Tim Kampanye, TKS, Pilar 08 dan lainnya yang sudah berjuang untuk mengenalkan sosok paslon dan juga tindakan tersebut bagian upaya provokasi pihak pihak dan pendukung lain yang tidak fair dalam berkompetensi secara sehat," pungkasnya.

Baca Juga: TKD Jatim: Prabowo-Gibran Dapat Dukungan Ponpes Tebuireng

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya