Sebanyak 6.195 CPNS Bakal Bersaing saat SKB, Catat Lokasi Tesnya

Semangat gesss seragaman coklat

Surabaya, IDN Times - Badan Kepegawaian Daerah Jawa Timur sudah menetapkan kuota peserta yang ikut tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Jumlahnya sekitar 6.195 peserta, terdiri dari peserta yang lolos passing grade ditambah dengan peserta yang lolos berdasarkan pemeringkatan.

Baca Juga: Ikuti Tes CPNS, Begini Reaksi Anthony Ginting dan Kawan-kawan

1. Jadwal tes SKB kementerian hari ini, SKB pemprov tanggal 6 Desember 2018

Sebanyak 6.195 CPNS Bakal Bersaing saat SKB, Catat Lokasi TesnyaDok.IDN Times/Istimewa

Kepala BKD Jatim, Anom Surahno, mengatakan kuota ini diputuskan dalam Rapat bersama Kanreg II Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Jadwal SKB kementerian dilaksanakan pada Selasa (4/12), sementara untuk SKB Pemprov Jatim dilaksanakan tanggal 6 Desember 2018.

2. Tambahan peserta SKB diambil dari pemeringkatan

Sebanyak 6.195 CPNS Bakal Bersaing saat SKB, Catat Lokasi TesnyaInstagram.com/badminton.ina

Pria yang pernah menjabat Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekdaprov Jatim ini mengatakan dari jumlah peserta 51.998 yang ikut tes kompetensi dasar (TKD) yang dinyatakan lulus passing grade hanya 3.437 peserta, sehingga akan ada tambahan peserta SKB sebanyak 2.758 orang dari pemeringkatan.

"Kuota peserta SKB ini berdasarkan aturan yang sebelumnya, yaitu jumlahnya tiga kali dari formasi yang dibutuhkan. Kalau misal butuhnya 3 orang, peserta SKB-nya sembilan orang,” katanya.

3. Tes SKB CPNS di Kanreg II BKN Waru

Sebanyak 6.195 CPNS Bakal Bersaing saat SKB, Catat Lokasi TesnyaIDN Times/Nofika Dian

Anom menambahkan dalam rapat tersebut juga ditentukan lokasi tes SKB. Menurutnya, untuk peserta tes CPNS Provinsi Jatim akan dilaksanakan di Kantor Regional II BKN. "Pelaksanaannya bareng untuk yang mendaftar di Surabaya Raya dan Madura," tambahnya.

4. Tes SKB tingkat kabupaten/kota dibagi 3 zona

Sebanyak 6.195 CPNS Bakal Bersaing saat SKB, Catat Lokasi TesnyaKominfo.go.id

Sedangkan peserta SKB di tingkat kabupaten/kota dibagi menjadi tiga zonasi. Tiap zonasi terdiri dari 12 hingga 13 kabupaten/kota.

Untuk daerah yang masuk zonasi Jatim bagian tengah, tes SKB akan dilaksanakan di Kediri. Untuk zonasi Jatim bagian barat, tesnya ada di Malang.

"Dan kabupaten/kota yang masuk dalam zonasi timur maka tes akan dilaksanakan di Jember," pungkasnya.

5. Pelamar CPNS di Jatim tertinggi

Sebanyak 6.195 CPNS Bakal Bersaing saat SKB, Catat Lokasi TesnyaANTARA FOTO/ David Muharmansyah

Sebelumnya, jumlah pelamar CPNS di Jatim tertinggi di Indonesia. Dari 2.056 formasi yang disediakan di lingkup Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jatim, total pendaftarnya mencapai 63.186 CPNS. Selanjutnya terjaring sebanyak 51.988 pelamar yang lolos seleksi administrasi.

Baca Juga: Ikuti Tes CPNS, Begini Reaksi Anthony Ginting dan Kawan-kawan

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya