Satu Perwali dan Dua Perbup Terbit, Surabaya Raya Siap Masa Transisi

Masa transisi jangan sampai lengah ya...

Surabaya, IDN Times - Peraturan Wali Kota (Perwali) Surabaya, Peraturan Bupati (Perbup) Sidoarjo dan Gresik dipastikan sudah terbit, Kamis (9/6). Peraturan ini menyusul dihentikannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Surabaya Raya. Ketiga daerah sepakat menjalankan masa transisi menuju new normal atau kenormalan baru.

1. Khofifah minta semuanya komitmen

Satu Perwali dan Dua Perbup Terbit, Surabaya Raya Siap Masa TransisiGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Dok.IDN Times/Istimewa

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyebut, aturan masa transisi tertuang pada Perwali Kota Surabaya Nomor 28 Tahun 2020 tentang tentang Pedoman Tatanan Normal Baru Pada Kondisi Pandemi Covid-19 di Kota Surabaya.

Kemudian Perbup Sidoarjo Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pola Hidup Masyarakat pada Masa Transisi Menuju Masyarakat yang Sehat, Disiplin dan Produktif Di Tengah Pandemi Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo. Perbup Gresik Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Pedoman Masa Transisi Menuju Tatanan Normal Baru Pada Kondisi Pandemi Covid-19 di Kabupaten Gresik.

"Ada dua Perbup dan satu Perwali, ini akan menjadi panduan pedoman refrensi bagaimana tatanan normal yang baru dengan berbagai protokol-protokol. Mohon berikutnya ini komitmen bersama," ujarnya saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

2. Risma akui ada tanggung jawab besar dan berat

Satu Perwali dan Dua Perbup Terbit, Surabaya Raya Siap Masa TransisiWali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Dok.IDN Times/Istimewa

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Risma mengakui bahwa tanggung jawab besar dan berat menanti di masa transisi menuju new normal ini. Pihaknya komitmen akan menegakan protokol kesehatan di Kota Pahlawan.

"Kami berusaha untuk berkomitmen baik dari pemerintahan maupun seluruh warga Surabaya untuk tetap bisa kami berusaha dan kami mencegah penularan COVID-19," tegasnya.

3. Plt Bupati Sidoarjo optimis kasus COVID-19 segera melandai

Satu Perwali dan Dua Perbup Terbit, Surabaya Raya Siap Masa TransisiWakil Bupati Sidoarjo,Nur Achmad Syaifuddin saat ditemui di Grand City Surabaya, Kamis (9/1). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin optimis bahwa Jawa Timur khusus Surabaya Raya akan mengalami pelandaian kasus COVID-19. Sebab, PSBB sudah diterapkan tiga tahap. Maka, menurutnya kini menyambut tatanan baru.

"Mudah-mudahan jadi kebijakan tepat dan didukung masyarakat, sehingga bisa menyelesaikan pandemi dan masih bisa menjaga ekonomi berjalan baik," ucapnya.

Baca Juga: Transisi New Normal Malang Raya Diperpanjang hingga 14 Juni 2020

4. Bupati Gresik utamakan gotong royong tangani COVID-19

Satu Perwali dan Dua Perbup Terbit, Surabaya Raya Siap Masa TransisiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Senada, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto berkomitmen akan mengedepankan rasa kebersamaan dan kegotongroyongan daerah di Jatim, untuk bersama menghentikan penyebaran COVID-19. Harapannya, masa pandemik ini berakhir lebih cepat.

"Sehingga kita dapat bisa selesai bersama-sama, sehingga dapat hidup kembali secara bersama-sama. Karena kita saling terkait satu rantai yang tidak bisa dipisahkan," kata dia.

Baca Juga: Mal di Masa Transisi Hanya Boleh Tampung 50 Persen dari Kapasitas

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya