Sapi Kurban Jokowi Melenggang di Karpet Merah Al-Akbar 

Jadi tontonan anak-anak

Surabaya, IDN Times - Sapi kurban milik Presiden Joko 'Jokowi' Widodo tiba di Masjid Al Akbar Surabaya pukul 10.00 WIB, Rabu (28/6/2023). Sapi seberat 1,15 ton ini didatangkan dari peternak bernama Bahrowi Yahya asal Desa Sumbersuko, Kecamatan Sumbersuko, Lumajang.

Pantauan IDN Times di lokasi, sapi ini didatangkan menggunakan truk. Petugas sempat kesulitan menurunkan sapinya karena berat. Perlahan sapi berusia 4 tahun itu berjalan melenggang di karpet merah yang telah disiapkan oleh takmir Masjid Al-Akbar. Kedatangan sapi ini disambut anak-anak di sekitar masjid.

1. Sapi dipastikan dalam kondisi sehat

Sapi Kurban Jokowi Melenggang di Karpet Merah Al-Akbar Sapi kurban Presiden Jokowi di Masjid Al Akbar Surabaya. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Kepala Humas Masjid Al Akbar Surabaya, Helmy M. Noor memastikan sapi kurban jenis Limosin ini dalam keadaan sehat. Sapi juga sudah melalui proses vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Lumpy Skin Disease (LSD) ditandai dengan cap pada telinganya.

"Sapinya sehat, badannya kekar. Mudah-mudahan berkah," ujarnya saat ditemui di halaman masjid.

Baca Juga: Eri Cahyadi Kurban Belasan Sapi Jumbo untuk Warga Surabaya 

2. Sudah menjadi rutinitas Jokowi kurban di Masjid Al Akbar tiap tahun

Sapi Kurban Jokowi Melenggang di Karpet Merah Al-Akbar Sapi kurban Presiden Jokowi di Masjid Al Akbar Surabaya. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Presiden Jokowi berkurban di madjid terbesar kedua nasional, kata Helmy, bukan kali pertama. Semenjak dilantik sebagai kepala negara, mantan Wali Kota Solo itu rutin menitipkan hewan kurbannya di Masjid Al Akbar Surabaya. Dia selalu membeli sapi di peternak Jawa Timur.

"Ini yang ke-9, jadi setiap tahun Presiden Jokowi istiqamah berkurban di Masjid Al Akbar Surabaya," kata dia. "InsyaAllah sapi ini disembelih H+1, pada hari Jumat," imbuh Helmy.

3. Ada sapi gubernur, wagub, sekda hingga kapolda

Sapi Kurban Jokowi Melenggang di Karpet Merah Al-Akbar Sapi kurban Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Selain sapi Presiden Jokowi, ada juga sapi Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa. Sapi kurban Khofifah dibeli dari peternak Agus Supriyanto asal Dusun Krajan, Desa Ngelung, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Sama seperti Jokowi, sapi kurban Khofifah berjenis limosin. Usianya 2 tahun 3 bulan. Beratnya 1,10 ton dengan tinggi gumba 152 cm, panjang badan 196 cm dan lingkar dara 235 cm.

Lebih lanjut, di samping sapi kurban Khofifah ada sapi milik Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak. Dibeli dari peternak Ahmad Mursid asal Desa Sukorejo, Kecamatan Loceret, Nganjuk. Sapi milik Emil jenisnya simental berusia 4 tahun dengan berat 952 kilogram.

Kemudian ada juga sapi kurban dari Sekretaris Daerah Jatim Adhy Kartono, Ketua DPRD Jatim Kusnadi, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Farid Makruf, Kapolda Jatim Ijren Pol Toni Harmanto, Pangilima Koarmada II dan Dandkodital.

Baca Juga: Presiden Jokowi Pesan 10 Sapi Kurban Untuk Solo dan Blora 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya