Bikin Video Diduga Aliran Sesat, Samsudin Dijemput Paksa Polda Jatim

Sekarang masih diperiksa

Surabaya, IDN Times - Penyidik Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur (Jatim) menjemput paksa YouTuber Samusudin yang juga dikenal dengan sebutan Gus Samsudin pada Kamis (29/2/2024). Penjemputan ini setelah viral unggahan video aliran sesat dengan membolehkan tukar pasangan di akun YouTube 'Mbah Den'.

"Sekitar jam 5 dijemput. Jadi begini, saudara Samdusudin dikhawatirkan melarikan diri. Sehingga dilakukan upaya penjemputan oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim," ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto saat dikonfirmasi.

Mulanya, lanjut Dirmanto, kasus ini ditangani oleh Polres Blitar. Ketika memberikan keterangan, Samsudin mengaku bahwa kontennya dibuat di Bogor. Namun saat didalami, pembuat konten ini bilang bikin konten di Blitar.

"Yang bersangkutan bicaranya plin-plan terkait dengan lokasi pembuatan konten. Kemarin beliau ngomong di Bogor. Kemudian setelah dilakukan pemeriksaan mendalam Polres Blitar, kejadiannya di wilayah hukum Polres Blitar Kota," kata Dirmanto.

"Sehingga, untuk hal itu. Untuk kecepatan pemeriksaan, maka kegiatan pemeriksaan selanjutnya diambil alih oleh Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Jatim," tambah perwira dengan tiga melati emas ini.

Terkait status Samsudin saat ini, Dirmanto memastikan masih saksi. Selain itu, polisi juga memeriksa tiga orang saksi. "Ada tiga orang dilakukan pemeriksaan. Proses pendalaman semua. Di antaranya orang yg membuat atau merekam konten video itu," terangnya.

"Untuk statusnya masih saksi semua. Samsudin masih saksi," pungkas Dirmanto.

Sebelumnya beredar video dengan memperlihatkan beberapa pria berdandan seperti kiai dan mengajarkan pemahaman aliran sesat, muncul di media sosial beberapa waktu belakangan ini.

Tak hanya lelaki yang seperti kyai lengkap memakai sorban. Hadir salah satu di antaranya perempuan bercadar. "Di sini bebas ya, aturan kita juga kalau lain jenis kalau satu sama lain senang, bukan suami istri, bebas. Terpenting suka sama suka," ucap seorang lelaki yang berdandan seperti kiyai lengkap dengan sorban. 

Makanya di agama lain, nggak ada itu," imbuhnya menegaskan.

Seorang lelaki lantas bertanya mengapa bisa seseorang yang tanpa pernikahan bisa melakukan hubungan suami istri. Si kyai kembali menegaskan, dalam pemahamannya, boleh melakukan hal tersebut. "Asal suka sama suka," ucapnya

Baca Juga: Video Boleh Tukar Pasangan, Polisi Blitar Tegaskan Hanya Gimmick

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya