Salat Id di MAS, Beribadah Sembari Berwisata Foto

Jemaah luar kota mengaku kagum dengan arsitektur MAS

Surabaya, IDN Times - Jemaah salat Idul Adha tampak menikmati Masjid Al-Akbar Surabaya, Minggu (10/7/2022). Tak hanya beribadah, mereka memanfaatkan momen ini untuk berwisata menikmati keindahan arsitektur masjid yang dibangun pada tahun 1995 itu.  Mereka saling bergantian mengambil posisi terbaik untuk bisa mengabadikan diri di masjid terbesar kedua nasional. Salah satu yang tak mau ketinggalan ialah Nin Ilham.

1. Jemaah asal Bogor takjub dengan banyaknya jemaah yang penuhi masjid

Salat Id di MAS, Beribadah Sembari Berwisata FotoWarga Bogor, Nin Ilham Salat Idul Adha di Masjid Al Akbar Surabaya.

Nin merasa takjub dengan keindahan arsitektur di Masjid Al-Akbar Surabaya. Dia tak menyangka, masjid sebesar ini bakal dipenuhi para jemaah. Informasi yang didapat IDN Times, jemaah Salat Idul Adha tahun ini mencapai 45 ribu orang.

"Saya baru datang dari Bogor, ini pertama kali saya Salat Idul Adha di sini. Saya sangat takjub," ujarnya ketika ditemui IDN Times usai Salat Idul Adha.

2. Ambil bagian berfoto di air mancur masjid

Salat Id di MAS, Beribadah Sembari Berwisata FotoSuasana Salat Idul Adha di Masjid Al Akbar Surabaya, Minggu (10/7/2022). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Nin Ilham tak henti-hentinya memotret air mancur yang berada di antara halaman dan gedung utama Masjid Al-Akbar. Menurut dia, air mancur tersebut sangat indah. Dia pun meminta orang di sekitarnya untuk bisa memfotonya dengan latar belakang air mancur tersebut.

"MasyaAllah bagus, saya dari tadi takbir saja. Alhamdulillah saya bisa ikut di sini, dari ujung Jawa Barat ke Jawa Timur dengan jumlah jemaah sebanyak ini," katanya.

Baca Juga: Hewan Kurban yang Diterima Masjid Al Akbar Surabaya Lampaui Tahun Lalu

3. Takmir masjid tak menduga jemaah yang datang lebih banyak daripada Idul Fitri

Salat Id di MAS, Beribadah Sembari Berwisata FotoSuasana Salat Idul Adha di Masjid Al Akbar Surabaya, Minggu (10/7/2022). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Sebelumnya, Kepala Humas Masjid Al-Akbar Surabaya, Helmy M. Noor juga mengaku kaget dengan banyaknya jemaah yang datang untuk Salat Idul Adha. Ia tak menduga kalau jemaah yang datang lebih banyak daripada Idul Fitri. Padahal, Idul Adha di Indonesia telah terbagi dua hari. Diketahui warga Muhammadiyah lebih awal melaksanakan Idul Adha pada Sabtu (9/7/2022). Sementara pemerintah memutuskan jatuh pada Minggu (10/7/2022).

"Saya tidak menduga seramai ini, karena lebaran kan dua kali, ada yang Sabtu, ada yang Minggu, pikiran kami (takmir masjid) jemaah berkurang banyak. Ternyata MasyaAllah jemaahnya makin banyak ketimbang Idul Fitri," katanya saat ditemui IDN Times usai salat.

Baca Juga: Salat Idul Adha, 45 Ribu Jemaah Penuhi Masjid Al Akbar Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya