Rekomendasi "Surat Cinta" PKB Resmi Turun ke Machfud Arifin

Wah makin gercep nih Pak Machfud

Surabaya, IDN Times - Mantan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur (Jatim) Jokowi-Ma'ruf Amin, Machfud Arifin kembali mendapat rekomendasi untuk mengarungi kontestasi Pilwali Surabaya 2020. Kali ini rekomendasi itu disuratkan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

1. Surat rekomendasi diberikan oleh Muhaimin Iskandar

Rekomendasi Surat Cinta PKB Resmi Turun ke Machfud ArifinPKB berikan surat rekomendasi kepada Bacawali Kota Surabaya Machfud Arifin, Minggu (19/1) malam di Jakarta. Dok.IDN Times/Istimewa

Machfud pun membenarkan adanya rekomendasi yang turun kepadanya. Surat rekomendasi tersebut diberikan langsung oleh Ketum PKB Muhaimin Iskandar didampingi Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar dan Ketua DPC PKB Surabaya Musyafak Rouf.

"Benar surat rekomendasi itu diserahkan tadi malam (19/1) di Jakarta," ujarnya kepada IDN Times, Senin (20/1).

2. Terus jalin komunikasi dengan parpol lain

Rekomendasi Surat Cinta PKB Resmi Turun ke Machfud ArifinMachfud Arifin saat berkunjung ke kantor NasDem di Jakarta. Dok.IDN Times/Istimewa

Terkait wakil, pria kelahiran Surabaya itu belum mau membicarakannya lebih jauh. Ia lebih memilih menjalin komunikasi lebi luas lagi. Yang jelas dia diberikan kesempatan menentukan wakilnya sendiri oleh PKB. Nantinya keputusan final akan dibahas dalam koalisi.

"Saya dipercaya jadi Bacawali Kota Surabaya oleh PKB, saya akan terus berkomunikasi dengan partai lain," katanya.

3. Wakil dibahas di koalisi dan beri kesempatan Machfud memilih

Rekomendasi Surat Cinta PKB Resmi Turun ke Machfud ArifinMantan Kapolda Jatim Irjen (Purn) Machfud Arifin saat bertemu dengan DPD PAN Surabaya, Senin (13/1). IDN Times/Fitria Madia

Sementara itu, Ketua DPC PKB Surabaya Musyafak Rouf juga menyampaikan wakil dari Machfud masih dibicarakan dengan partai koalisi. Salah satunya yaitu PAN. Mengingat partai berlambang matahari putih itu juga menurunkan rekomendasinya kepada mantan Kapolda Jatim.

"Insyaallah masih dalam pembicaraan antarpartai koalisi," ujarnya seperti dilansir dari Antara.

Meski demikian, lanjut dia, pihaknya tetap akan memberikan pilihan kepada Mahcfud Arifin untuk mencari cawalinya sendiri atau menunggu partai koalisi.

Baca Juga: Pilwali Surabaya, PAN Resmi Beri Rekomendasi Machfud Arifin

4. PAN juga beri kebebasan Machfud tentukan wakilnya

Rekomendasi Surat Cinta PKB Resmi Turun ke Machfud ArifinDPW PAN Jatim beri rekomendasi Bacawali Surabaya ke Machfud Arifin, Kamis (16/1). Dok.IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, PAN juga mengeluarkan surat rekomendasi dukungan kepada Machfud Arifin sebagai bakal calon wali kota Surabaya. Namun karena perolehan kursi PAN di legislatif hanya tiga kursi sehingga harus berkoalisi dengan parpol lain.

Sejumlah parpol yang diperkirakan akan memberikan dukungan yang sama yakni PKB dan Gerindra. "Dalam mencari pasangan, PAN menyerahkan sepenuhnya kepada Pak Machfud akan memilih siapa, karena wakil adalah mitra dalam bekerja. PAN menyerahkan sepenuhnya kepada Pak Machfud untuk memilih yang terbaik," kata Ketua DPW PAN Jatim Masfuk, Kamis (16/1).

Baca Juga: Pilwali Surabaya, PKB Jatim Terang-terangan Usulkan Machfud Arifin

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya