Ramai-ramai Artis Mundur dari Pencalonan DPD RI

Mereka milih nyaleg dari partai

Surabaya, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (Jatim) mendapatkan konfirmasi kalau artis Emilia Contessa mengundurkan diri sebagai bakal calon Dewan Pimpinan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) daerah pemilihan Jatim 2024. Emilia mundur karena memilih mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

Komisioner KPU Jatim, Insan Qoriawan membenarkan, artis era 80 an itu memilih mundur sebagai bakal calon anggota DPD RI karena memilih untuk maju sebagai calon legislatif dari partai Perindo. "Beliau mundur karena namanya juga masuk dalam daftar calon legislatif DPR RI dari salah satu partai," ujarnya, dikonfirmasi Selasa (22/8/2023).

Berdasarkan penelusuran di sistem informasi daftar caleg sementara KPU Jatim, nama Emilia Contessa terpampang sebagai caleg DPR RI. Emilia ikut Partai Perindo di daerah pemilihan III Jatim meliputi Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso.

"Karena namanya masuk pada daftar caleg dan daftar calon anggota DPD, maka yang bersangkutan harus memilih salah satu. Kebetulan beliau memilih caleg partai," kata dia.

Emilia sebelumnya pernah menjabat sebagai DPD RI. Dia terpilih sebagai anggota DPD RI periode 2014-2019 dari Jatim. Selain Emilia Contessa, bakal calon anggota DPD RI dari Jatim Evi Zainal Abidin juga mengundurkan diri. Dia memilih maju sebagai caleg partai.

Evi Zainal Abidin menjadi caleg DPR RI dari Partai Gerindra di daerah pemilihan II Jatim meliputi Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo. Dengan begitu, ada dua bakal calon DPD RI dari Jatim yang mundur.

Kini, tersisa 13 nama bakal calon anggota DPD RI dari Jatim yang akan berebut suara pada Pileg 2024 mendatang. Mereka anttara lain, Ahmad Nawardi, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Abdul Qadir Amir Hartono, Adilla Azis, Agus Rahardjo, Ayub Khan, Bambang Harianto, Catur Rudi Utanto, Doddy Dwi Nugroho, Kondang Kusumaning Ayu, Kunjung Wahyudi, Lia Istifhama dan Mohammad Trijanto. 

Baca Juga: M Syukur Kembali Terpilih Jadi Ketua Fraksi Kelompok DPD di MPR

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya