Program Balik Kerja Bareng Gratis Diluncurkan

Ada 800 pemudik ikutan

Surabaya, IDN Times - Arus balik mulai terjadi di sejumlah ruas jalan raya maupun tol. Untuk mengurangi penumpukan atau kepadatan volume kendaraan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggelar program Balik Kerja Bareng.

Program ini diselenggarakan serentak di empat daerah di Pulau Jawa, yaitu di Kota Surabaya, Solo, Semarang dan Yogyakarta. Khusus di Surabaya, acara pelepasan peserta dilakukan Perwakilan Pj. Gubernur Jawa Timur, Dirlantas Polda Jatim, Kadishub Surabaya Organda dan Anggota BPKH di Masjid Al Akbar Surabaya.

Dalam program Balik Kerja Bareng BPKH 2024 dari Surabaya memiliki tujuan ke Terminal Pulo Gebang dan Kampung Rambutan Jakarta, Terminal Baranangsiang Bogor dan Poris Tangerang menggunakan total 20 bus dengan jumlah target peserta sejumlah 800 orang.

Kepala Biro Kesra Pemprov Jawa Timur Imam Hidayat mengatakan, program Mudik dan Balik Gratis ini merupakan sesuatu yang membantu Pemprov Jatim. Dengan program ini, membuat pemerintah terbantu dalam menolong warganya untuk balik ke tempat bekerja khususnya wilayah Jakarta dan sekitarnya. 

Imam berharap, BPKH bisa meningkatkan jumlah armada bus yang ada. "Kami bangga dan mengapresiasi BPKH dalam menyelenggarakan balik gratis ini, semoga bermanfaat bagi masyarakat. Semoga di tahun depan program ini bisa terus berjalan dan bertambah armada bus yang digunakan," ujarnya, Minggu (14/4/2024).

Sementara itu, Anggota Badan Pelaksana BPKH Indra Gunawan mengatakan program ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun. "Ini ilakukan supaya kaum muslimin bisa produktif kembali bekerja dengan aman dan tertib. Selain itu kita juga membantu untuk mengurangi beban kendaraan di jalan," katanya.

"Program ini gratis tidak dipungut biaya. Dananya bersumber dari hasil investasi dana abadi umat, jadi tidak ada dana haji satu rupiah pun yang digunakan. Kami siapkan bus pariwisata kelas eksekutif, kaos, souvenir, dua kali snack dan makan siang bagi peserta,” imbuh dia.

Program ini disambut antusias oleh warga dari berbagai daerah. Ani satu di antara peserta balik gratis mengaku balik dari Surabaya ke Bogor sangat terbantu dengan gelaran arus balik BPKH. Dirinya bersama suami dan anaknya tidak repot berebut bus di terminal. Selain itu juga menghemat biaya karena gratis.

"Alhmdulilah, kami sangat terbantu. Semoga ke depan program ini bisa terus digelar karena sangat membantu dan bermanfaat," ungkapnya.

Baca Juga: 29 Ribu Orang Balik Naik Kereta Api di Wilayah Daop 8 Surabaya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya