Comscore Tracker

Pria Tendang Sesajen di Semeru, Khofifah: Tidak Seharusnya Terjadi!

Khofifah ajak jaga keberagaman

Lumajang, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa turut angkat bicara perihal video pria menendang sesajen di kawasan Semeru. Menurut dia, tindakan tersebut sebagai wujud intoleransi. Dia menyarankan tidak ada kejadian serupa.

1. Sesajen sudah tradisi setempat, harus dihormati

Pria Tendang Sesajen di Semeru, Khofifah: Tidak Seharusnya Terjadi!killtheblog.com

Mantan Menteri Sosial itu mengatakan, sesajen yang diletakkan di kawasan Semeru sudah menjadi tradisi masyarakat setempat. Maka, sudah seharusnya pendatang atau relawan yang membantu korban erupsi Gunung Semeru supaya menghormati tradisi di sana.

"Kejadian seperti ini seharusnya tidak perlu jika sikap saling menghormati dan toleransi selalu dikedepankan," ujarnya di Instagram resmi @khofifah.ip, Selasa (11/1/2022).

2. Harap kejadian serupa tak terulang lagi

Pria Tendang Sesajen di Semeru, Khofifah: Tidak Seharusnya Terjadi!Okezone.com

Khofifah pun sangat menyayangkan tindakan pria yang ada dalam video tersebut. Menurut dia, hidup di tengah keberagaman suku, agama, ras dan budaya Indonesia harus saling tetap menjaga toleransi. Dia berharap, kejadian semacam itu tidak terulang lagi.

"Semoga kejadian seperti ini tidak lagi terulang, dan Indonesia khususnya Jawa Timur tetap menjadi rumah yang aman dan nyaman untuk semua perbedaan," kata dia.

3. Pria dalam video dilaporkan ke Polda Jatim

Pria Tendang Sesajen di Semeru, Khofifah: Tidak Seharusnya Terjadi!Pria tersebut dilaporkan oleh DPD Prajaniti Hindu Indonesia Jatim ke Polda Jatim. dok. Istimewa.

Sebelumnya, beredar video pria memakai rompi hitam yang memaki peletakkan sesajen di salah satu desa terdampak erupsi Gunung Semeru. Pria itu membuang dan menendang sesajen yang ada di sana. Pria tersebut dilaporkan oleh DPD Prajaniti Hindu Indonesia Jatim ke Polda Jatim. Kepolisian pun segera mengusut tuntas.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya