PPDB Zonasi Tuntas, 3 SMAN Ini Paling Banyak Pendaftarnya

Sebanyak 57.727 diterima

Surabaya, IDN Times - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi telah diumumkan pada 29 Juni 2024. Berdasarkan data yang dihimpun, total ada sebanyak 87.628 Calon Peserta Didik Baru (CPDB) yang mendaftar SMA Negeri. Namun yang diterima hanya 57.727 siswa.

Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKP) Dinas Pendidikan Jatim Mustakim nenyebut ada tiga sekolah di Surabaya yang paling banyak diburu pendaftar. Yakni SMAN 5 Surabaya, SMAN 2 Surabaya dan SMAN 15 Surabaya.

"Tiga sekolah tersebut paling banyak pendaftarnya di jalur zonasi pada PPDB tahun ini," ujarnya.

Mustakim menyebutkan secara umum tidak ada kendala teknis pada sistem zonasi. Menurutnya kebanyakan masyarakat menanyakan melalui call center dan helpdesk terkait pemenuhan pagu. 

"Pemenuhan pagu adalah diperuntukkan bagi Calon Peserta Didik Baru (CPDB) yang memilih di sekolah tujuan dan belum diterima disekolah yang lain, diperingkat berdasarkan jarak terdekat dan secara sistem," terangnya.

Lebih lanjut Mustakim mengatakan kebanyakan masyarakat masih bingung terkait zonasi sebaran. Menurutnya zonasi sebaran adalah dengan kuota 20 persen dari daya tampung tiap sekolah dan dibagi rata untuk desa atau kelurahan yang ada dalam sekolah tersebut.

"Karena zonasi sebaran ini baru, kendalanya masih ada yang bingung. Tapi secara keseluruhan prosesnya lancar," pungkas dia.

 

Baca Juga: 190 Difabel Diterima PPDB SMA/SMK di Jatim

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya