PKS dan PDIP Merapat, Khofifah-Emil Bakal Dapat Rekom Tambahan?

Sudah kantongi rekomendasi dari tujuh parpol

Surabaya, IDN Times - Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Jawa Timur (Jatim), Emil Elestianto Dardak optimistis sejumlah partai politik bakal memberikan rekomendasi tambahan kepada dirinya dan Bacagub Khofifah Indar Parawansa. Parpol yang memberi sinyal merapat itu adalah PKS dan PDIP.

Pasangan petahana sendiri sudah mengantongi rekomendasi dari tujuh parpol untuk berkontestasi dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024. Parpol tersebut antara lain Partai Demokrat, Partai Golkar, PPP, PAN, Perindo, PSI dan Partai Gerindra.

1. PKS segera merapat, PDIP intens komunikasi

PKS dan PDIP Merapat, Khofifah-Emil Bakal Dapat Rekom Tambahan?Khofifah ke rumah Prabowo di Kertanegara, Jakarta (IDN Times/Yosafat Diva Bayu)

Emil mengatakan, kalau dirinya akan terus melakukan safari politik ke parpol yang belum memberikan rekom, namun sudah memberi sinyal kuat untuk mengusung.

"Contohnya dengan PKS, PKS berkunjung ke tempat kami, kemudian kami berkunjung ke PKS," ujarnya.

Tak hanya PKS, Wagub Jatim periode 2019 - 2024 ini bilang kalau komunikasi terus dilakukan dengan parpol lain. Diketahui, beberapa waktu lalu, PDIP Jatim sudah pertemuan tertutup dengan Khofifah.

"Tentu kalau bicara soal itu lebih baik sama Bu Khofifah ya, kami tentu ada komunikasi tapi lebih tepat kita bahas saat Bu Khofifah kembali dari ibadah haji," katanya.

Baca Juga: Kebakaran Bengkel Surabaya, 1 Bus Damri, 4 Mobil, dan 2 Motor Hangus

2. Jaring dukungan lewat komunikasi politik

PKS dan PDIP Merapat, Khofifah-Emil Bakal Dapat Rekom Tambahan?Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak usai sambangi rumah Prabowo, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan (7/6/2024) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Emil bersama Demokrat Jatim bertekad menjalin silaturahim dengan semua parpol yang ada di Jatim. Selain kepentingan untuk tiket Pilgub Jatim 2024, juga melakukan penjajakan koalisi untuk mengarungi Pilwali dan Pilbup di 38 kabupaten/kota di Jatim.

"Demokrat berkomunikasi dengan seluruh partai, karena hampir tidak ada daerah, tidak ada partai yang dimana sama sekali kolaborasi," katanya.

"Artinya Partai Demokrat punya keleluasaan untuk menjalin komunikasi dengan seluruh partai-partai yang ada di Jatim," tambah Emil.

3. Dapat restu Prabowo - Gibran di Jatim

PKS dan PDIP Merapat, Khofifah-Emil Bakal Dapat Rekom Tambahan?Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sambangi rumah pribadi Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan (7/6/2024). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara terkait posisi menteri, Emil menegaskan bahwa dirinya untuk periode ini mengabdi di Jatim.

"Saya rasa sekarang sudah jelas bahwa presiden terpilih Pak Prabowo, wakil beliau juga Mas Gibran sudah menyamlaikan bahwa Bu Khofifah ini satu paket dengan Mas Emil," katanya.

"Bahwa ada wacana ada dinamika yang mengarah ke sana (posisi menteri) itu hanya bagian dari sebuah proses eksplorasi, tapi saat ini mari kita fokus kepada mandat yang telah resmi diberikan yaitu Jatim," tegas dia.

Baca Juga: Kaesang Dorong Bos Kebab Maju Pilwali Surabaya

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya