PKB dan PDIP Koalisi Lagi di Pilgub Jatim 2024?

Hijau-Merah siap menantang Khofifah?

Surabaya, IDN Times - PKB dan PDIP membuka peluang untuk berkoalisi pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim). Koalisi kedua partai ini memang kerap terjadi. Termasuk pada Pilgub Jatim 2018 lalu.

Jika kedua partai politik (parpol) ini berkoalisi, maka mereka kembali menantang Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak. Pada 2018 lalu, PKB dan PDIP punya gaco Saifullah Yusuf alias Gus Ipul - Puti Guntur Soekarno. Namun paslon tersebut kalah.

1. PKB tegaskan harus koalisi

PKB dan PDIP Koalisi Lagi di Pilgub Jatim 2024?Ilustrasi logo PKB. (Dok. PKB)

Terbukanya peluang koalisi PKB dan PDIP ini diungkap oleh Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah yang menyatakan, sekalipun partainya memiliki kecukupan kursi sebagai syarat untuk mengusung paslon namun tidak akan menutup mata terhadap kerja sama politik dengan parpol lain. Apalagi, pertarungan mendatang adalah melawan petahana.

"Secara kasat mata kita harus koalisi dengan partai lain," ujarnya, Rabu (3/6/2024).

Baca Juga: Bendahara PKB Jatim Bilang Ada Kabar Baik dari Kiai Marzuki 

2. Penjajakan sudah dilakukan di level DPP

PKB dan PDIP Koalisi Lagi di Pilgub Jatim 2024?Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar pastikan partainya belum pasti dukung Sohibul Iman jadi wakil Anies. (IDN Times/Amir Faisol)

Komunikasi atau penjajakan koalisi ini sudah berlangsung di tingkat pengurus pusat atau DPP masing-masing. Terkait nama yang diusung, Anik menyatakan masih menunggu arahan dari DPP. Yang jelas, PKB saat ini masih getol mendorong mantan Ketua PWNU Jatim, KH Marzuqi Mustamar sebagai kandidat kuat.

Anik mengungkapkan, bagi PKB koalisi lintas parpol sangat penting untuk pembangunan ke depan. Sebab, mengurusi provinsi sebesar Jawa Timur perlu kerjasama berbagai pihak. Sehingga, Anik menegaskan hampir pasti PKB akan berkoalisi dengan parpol lain untuk Pilgub Jatim.

"Tidak hanya dengan PDIP, tapi juga parpol lainnya yang belum menentukan sikap. Seperti NasDem dan PKS maupun partai nonparlemen," kata dia.

3. Hasto sebut intens komunikasi dengan PKB

PKB dan PDIP Koalisi Lagi di Pilgub Jatim 2024?Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengakui saat ini jalinan komunikasi dengan PKB sedang intens jelang Pilgub. Komunikasi dilakukan oleh para petinggi di partai berlambang banteng tersebut.

"Proses komunikasi secara intens yang dilakukan dengan PKB. Pak Ahmad Basarah, Pak Aria Bima yang melakukan komunikasi,” kata Hasto di kawasan GBK, Jakarta, Minggu (30/6/2024).

"Dan tentu saja Pak Said Abdullah sebagai Ketua DPD sangat aktif melakukan dialog-dialog di dalam membangun kesepakatan terhadap calon gubernur dan wakil gubernur di Jawa Timur,” sambung Hasto.

Hasto menyatakan pihaknya menghormati PKB selaku pemenang di Jatim dan hal itu ia sebut sebagai pertimbangan peta politik PDIP. Dari hasil Pemilu 14 Februari lalu, PKB menjadi partai dengan perolehan suara tertinggi di Jawa Timur dengan perolehan 4.517.228 suara. Di DPRD Jatim, suara tersebut berhasil dikonversi dengan 27 kursi DPRD Jatim.

Baca Juga: PKB Masih Ngarep Marzuki Mustamar Maju Pilgub Jawa Timur

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya