Peringatan HUT RI di Grahadi, Dihadiri 75 Orang dan Wajib Rapid Test

Juga undang Via Vallen

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) tetap menggelar upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di tengah pandemik COVID-19. Upacara dimulai pukul 07.45-08.20 WIB dengan protokol kesehatan yang ketat di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (17/8/2020). Peringatan HUT RI ke-75 ini juga dimeriahkan pedangdut, Via Vallen.

 

1. Sebelum upacara wajib rapid test, jumlahnya dibatasi

Peringatan HUT RI di Grahadi, Dihadiri 75 Orang dan Wajib Rapid TestUpacara 17 Agustus di Gedung Grahadi Surabaya. Istimewa

Ketatnya protokol kesehatan mewajibkan tiap petugas, peserta dan tamu undangan upacara harus menjalani rapid tests sebelum masuk ke Grahadi. Mereka juga wajib memakai masker. Peserta upacara juga dibatasi. Jika tahun sebelumnya melibatkan 1.200 orang, maka tahun ini hanya 75 orang.

Kemudian tamu undangan yang biasanya mencapai 3.000 orang, kini hanya 80 orang. Tamu undangan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Jatim, Kepala Dinas Pemprov Jatim dan instansi vertikal pemprov. Paduan suara juga dirampingkan, 400 jadi 20 orang.

2. Komandan upacara Letkol Aang

Peringatan HUT RI di Grahadi, Dihadiri 75 Orang dan Wajib Rapid Test

Terkait petugas upacara, komandannya, Letkol (Mar) Aang Andy Warta; pembaca teks proklamasi, Ketua DPRD Jatim Kusnadi; pembaca doa, Kepala Dinas Sosial Jatim, Alwi. Kemudian pasukan pengibar bendera merah putih (paskibraka), Amelia Hariani dari SMA Kesamben Blitar, Rafi Gustiar Aszamzamy, dari SMK Srengat Blitar dan Mokhamad Zaky dari SMK l Jetis Mojokerto. 

3. Upacara tanpa sambutan dan ada hiburan Via Vallen

Peringatan HUT RI di Grahadi, Dihadiri 75 Orang dan Wajib Rapid TestVia Vallen saat diundang ke Gedung Grahadi. Dok. Istimewa

Dalam upacara ini, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa yang bertindak sebagai inspektur upacara tidak memberikan sambutan. Setelahnya mantan Menteri Sosial itu dijadwalkan upacara virtual bersama Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan jajaran istana negara. Setelah upacara, tamu undangan menikmati ramah tamah dengan hiburan pedangdut, Via Vallen.

Baca Juga: Gelar Aksi di Depan Grahadi, HMI Cabang Surabaya Suarakan 9 Tuntutan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya