Penyelundupan Pistol Beserta Pelurunya Digagalkan di Juanda

Dikirim dalam bentuk paket

Surabaya, IDN Times - Sebuah pistol beserta pelurunya, ditemukan dalam sebuah paket di Bandara Juanda, Rabu (6/3/2024). Manajemen bandara memastikan bahwa senapan api (senpi) itu tidak diselundupkan atau dibawa penumpang namun dipaketkan lewat kargo.

"Bukan penumpang tapi dipaketkan," ujar Stakeholder Relation Manager Bandara Juanda, Heri Trisno Wibowo saat dikonfirmasi IDN Times, Kamis (7/3/2024).

Saat ini, lanjut Heri, kasus tersebut ditangani oleh pihak Lanudal Juanda. Dari informasi terbaru yang ia terima, Heri bilang kalau petugas sekarang ini sedang mencari pelaku yang mengirimkan senjata api tersebut.

Pistol yang terdeteksi oleh X-ray bandara tersebut berjenis Taurus PT 29 dan enam butir peluru kaliber 9 milimeter. Ditemukan dalam paket yang terbungkus bubble wrap serta dimasukan ke dalam tas hitam.

Sementara untuk awal ditemukannya pistol ini, mulanya petugas pengecekan meminta sejumlah pihak ikut memastikan benda mencurigakan usai terdeteksi x-ray. Lalu, mereka baru melakukan pemeriksaan dengan membuka tas tersebut.

"Setelah terdeteksi itu baru dilaksanakan secara cek fisik dengan berbagai tim, tidak hanya satu tim. Ada saksi dari berbagai pihak, dan memang kelihatan murni senjata pabrikan," kata Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) Dani Achnisundani.

Petugas pun langsung menyelidiki identitas yang tercantum di paket pistol beserta pelurunya itu. Namun, menurut dia, alamat dan nama yang tertera tidak sesuai dengan pengirim.

"Sementara, nama dan alamat pengirim tidak sesuai dengan apa yang tercantum di dalam paket tersebut. Sedangkan tujuan paket ini sendiri menuju Palu, Sulawesi Tengah," kata Dani.

"Memang kita enggak tahu sistem mereka (pengirim), tapi yang jelas barang ini dapat merisaukan kita. Istilahnya kita harus bisa menjaga hal-hal ini jangan sampai lolos," imbuh dia.

Lebih lanjut, pihak Lanudal Juanda telah menyerahkan barang bukti tersebut ke aparat kepolisian dalam hal ini Polres Sidoarjo. Selanjutnya, polisi melakukan pencarian para pelaku yang terlibat dalam penyelundupan itu.

 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya