Pengambilan PIN PPDB SMA/SMK Negeri Jatim Ditutup Hari Ini

Ayo yang daftar segera ambil, rek!

Surabaya, IDN Times - Pengambilan PIN untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Negeri 2024 diperpanjang oleh Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur (Jatim). Semula dijadwalkan batas akhirnya 14 Juni 2024, kini diperpanjang hingga 19 Juni 2024.

"Benar diperpanjang sampai hari ini terakhir," ujar Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKP) Dindik Jatim, Mustakim kepada IDN Times, Rabu (19/6/2024).

1. Perpanjangan untuk beri kesempatan CPDB

Pengambilan PIN PPDB SMA/SMK Negeri Jatim Ditutup Hari IniIlustrasi posko PPDB. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Mustakim pun menerangkan, perpanjangan pengambilan PIN PPDB SMA/SMK Negeri di Jatim ini untuk memberi kesempatan Calon Peserta Didik Baru (CPDB) yang belum mengambil PIN atau bahkan tidak diterima pada tahap I lalu, khususnya jalur perpindahan tugas orangtua. 

Sekadar diketahui, pada tahap I ada sebanyak 104.937 CPDB. Rinciannya, 75.479 jalur afirmasi, 24.439 jalur prestasi dan 5.019 jalur perpindahan tugas orangtua.

"Perpanjangan ini memberi kesempatan untuk yang belum ambil PIN supaya bisa mengambil PIN," kata Mustakim.

Baca Juga: Titik Azimuth Menjadi Kendala Sistem PPDB di Tulungagung

2. PIN baru dapat digunakan daftar tahap dua sampai 5

Pengambilan PIN PPDB SMA/SMK Negeri Jatim Ditutup Hari IniOperator pendaftaran PPDB saat mengikuti Bimtek yang digelar Dinas Pendidikan Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Nantinya, lanjut Mustakim, PIN yang diambil dapat digunakan CPDB untuk mendaftar PPDB di tahapan berikutnya. Karena diketahui ada sebanyak lima jalur yang dibuka pada PPDB SMA/SMK Negeri Jatim 2024. Tahap I sudah ditutup 11 Juni lalu, maka ada kesempatan di tahap II - V.

"PIN yang diambil dalam perpanjangan itu dapat digunakan untuk tahap dua dan seterusnya," terang Mustakim.

3. Pendaftaran tahap 2 dimulai 18 Juni

Pengambilan PIN PPDB SMA/SMK Negeri Jatim Ditutup Hari Inisc bekasikab.go

Untuk diketahui, pendaftaran PPDB yang dilaksanakan pada 10-11 Juni masih ada pendaftaran tahap 2 jalur Prestasi Nilai Akademik SMA, yang akan dilakukan pada 18-19 Juni 2024. Kemudian tahap 3 jalur Zonasi SMK pendaftaran mulai dilaksanakan 22-23 Juni 2024. 

Sedangkan pendaftaran tahap 4 jalur Zonasi SMA akan mulai dilaksanakan pada 27-28 Juni 2024. Terakhir tahap 5 jalur Prestasi Nilai Akademik SMK akan mulai dilaksanakan ada 3-4 Juli 2024.

Baca Juga: PPDB SMA/SMK Tahap 1 Berakhir, Ada 104.937 Pendaftar di Jatim

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya