Penerbangan Haji dari Jatim, 24.505 Berangkat dan 28 Terlambat

Hari ini mulai masuk CJH asal Bali ke AHES

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 24.840 Calon Jemaah Haji (CJH) dari 67 kloter Embarkasi Surabaya telah berangkat menuju tanah suci. Jumlah tersebut mencakup sekitar 63 persen dari total kuota Embarkasi Surabaya, terdiri dari 24.505 jemaah dan 335 petugas.

Abdul Haris, Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya, menyatakan bahwa proses pemberangkatan jemaah haji berlangsung lancar, dengan hanya sedikit CJH yang mengalami penundaan keberangkatannya.

1. Belasan CHJ yang sempat tertunda keberangkatannya

Penerbangan Haji dari Jatim, 24.505 Berangkat dan 28 TerlambatIlustrasi proses berangkat haji(pexels.com/Zawawi Rahim)

Menurut Haris, ada 28 CJH yang mengalami penundaan keberangkatannya, dengan rincian 17 orang masih berada di asrama haji dan 11 orang telah kembali ke daerah asal masing-masing.

Dari 17 CJH yang masih berada di asrama haji, tujuh di antaranya sedang menjalani perawatan di RS Haji, lima menunggu proses pemberangkatan setelah sembuh dari sakit, dan lima lainnya adalah pendamping.

Baca Juga: Wuling Cloud EV Siap Kamu Miliki di IIMS Surabaya 2024

2. Keberangkatan jemaah haji yang tertunda

Penerbangan Haji dari Jatim, 24.505 Berangkat dan 28 TerlambatIlustrasi beribadah ke tanah suci(pexels.com/Zawawi Rahim)

Keberangkatan sejumlah jemaah haji yang sempat tertunda.

“Alhamdulillah, beberapa jemaah yang sebelumnya sakit dan dirawat di rumah sakit kini sudah pulih. Mereka telah dinyatakan fit untuk melakukan perjalanan dan kini menunggu slot kursi kosong untuk berangkat ke tanah suci,” jelasnya.

Haris menegaskan bahwa para CJH yang menunggu slot penerbangan tidak perlu khawatir, karena masih ada kloter sapu jagat yang merupakan kloter terakhir pada masa pemberangkatan.

3. Beberapa CJH yang sudah dipulangkan dengan beberapa penyebab

Penerbangan Haji dari Jatim, 24.505 Berangkat dan 28 TerlambatPetugas transportasi haji, Ibrahim di salah satu halte di Makkah. IDN Times/Faiz Nashrillah

Adapun 11 CJH yang telah dipulangkan terdiri dari enam CJH yang sakit, dua pendamping CKH, dua CJH yang telah meninggal dunia, dan satu CJH dengan kehamilan kurang dari 14 minggu.

Haris juga mengumumkan bahwa pada Kamis (30/5/2024), CJH dari luar Jatim akan mulai masuk ke asrama haji. "Dua kloter akan datang dari Provinsi Bali. Kami siap menyambut dan mempersiapkan segala kebutuhan kloter dari luar Jawa," tambahnya.

Baca Juga: PKB Resmi Usung Eri - Armuji di Pilwali Kota Surabaya

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya