2 Pemainnya Dipanggil Timnas Jelang Lawan Arema FC, Persebaya Galau

Keduanya pemain andalan

Surabaya, IDN Times - Persiapan Persebaya jelang Derby Jatim melawan Arema FC harus dihadapkan dengan pemanggilan sejumlah pemainnya untuk membela Timnas Indonesia. Tercatat ada dua pemain muda Bajol Ijo yang dipanggil.

Adalah gelandang yang juga sayap cepat Persebaya, Toni Firmansyah harus bergabung dengan Indonesia U-20 untuk menghadapi China U-20. Berkat Toni, Garuda Muda terselamatkan dari kekalahan. Skor akhir pertandingan yang berlangsung di Stadion Madya Senayan pada Jumat (22/3/2024) berakhir 1-1.

Usai pertandingan tersebut, Toni tidak bisa langsung pulang ke Surabaya. Ia masih harus mengikuti leg ke-2 dengan lawan yang sama. Yakni bertanding melawan China pada Senin (25/3/2024). Sementara pertandingan Persebaya Vs Arema digelar pada Rabu (27/3/2024). Tentu persiapan Toni sangat mepet.

Seperti halnya Toni, pemain Persebaya yang juga harus ke timnas ialah Ernando Ari. Kiper muda ini malah terbang ke Vietnam untuk ikut membela Indonesia melakoni babak kualifikasi Piala Dunia 2026. Keberangkatan Ernando tentu dikhawatirkan pihak klubnya.

"Kami mendapatkan surat dari PSSI pukul 02.44 WIB sabtu pagi, saat sahur, kaget juga, Nando dalam surat itu dinyatakan sudah harus di Jakarta pada pukul 10.00 WIB untuk bertolak ke Vietnam," kata sekretaris tim Persebaya, Ram Surahman.

Pernyataan Ram jika pihak manajemen Persebaya kaget dengan pemanggilan Ernando ini dikarenakan sang kiper belum belum sepenuhnya pulih dari cedera dislokasi bahu kanan yang ia alami bulan lalu. Persebaya menjelaskan, bahwa kondisi Ernando belum sepenuhnya fit.

”Sejak cedera itu, ia tidak pernah main dan menjalani latihan khusus,” kata Ram.

Meski Persebaya sudah memberikan penjelasan tentang kondisi Ernando, PSSI tetap memanggil kiper kelahiran Semarang tersebut. ”Pada prinsipnya, jika agenda FIFA Matchday, kami akan mengirimkan pemain jika dipanggil timnas. Namun, perlu diketahui bersama, kondisi Nando masih dalam tahap pemulihan,” ucap Ram.

”Nando seharusnya kami bawa ke rumah sakit Senin nanti, untuk menjalani pemeriksaan lengkap, untuk menentukan statusnya apakah dia ready to play. Ternyata, sudah harus terbang ke Vietnam. Kami berharap PSSI dan Timnas bisa bijak dalam menentukan Nando bermain atau tidak terkait dengan kondisi bahunya,” ungkap Ram. Pertandingan Indonesia Vs Vietnam rencananya digelar pada Selasa (26/3/2024).

Baca Juga: Rekor 5 Pertemuan Terakhir Arema FC vs Persebaya, Siapa Unggul?

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya