Pastikan Nasib Mahasiswanya, Bupati Mimika Temui Wagub Jatim

Sebelumnya ada 17 mahasiswa yang pulang kampung

Surabaya, IDN Times - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak menerima kunjungan Wakil Bupati Mimika, Papua, Johannes Rattob di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (30/9). Dalam kunjungannya, Johannes ingin memastikan mahasiswa asal Mimika dalam keadaan nyaman menempuh pendidikan di Jatim. Pasalnya, ada belasan mahasiswa yang pulang.

 

1. Titip ke Pemprov agar mahasiswa dijaga dan diayomi

Pastikan Nasib Mahasiswanya, Bupati Mimika Temui Wagub JatimIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Johannes mengaku mendapat informasi kalau mahasiswa Mimika kembali ke Bumi Cendrawasih pascakonflik di Asrama Mahasiswa Papua Jalan Kalasan No. 10 Surabaya, beberapa waktu lalu. Ia pun ingin mengetahui penyebab adanya mahasiswa tidak betah di Jatim. Sekaligus, menitipkannya ke pemprov.

"Kami ke sini koordinasikan dengan Wagub Pemprov Jatim. Kira- kira apa sebenarnya yang mereka rasakan, atau dengar isu ikut-ikutan," ujarnya.

"Kami ingin melihat itu, bolehkah kami datang ke sini melihat, saya berharap mereka tetap bersekolah di sini untuk berhasil. Kami titip anak-anak kami oleh Pemerintah Jatim untuk bisa betah sekolah di Jatim," tambahnya.

2. Ada 300 mahasiswa asal Mimika tersebar di Jatim

Pastikan Nasib Mahasiswanya, Bupati Mimika Temui Wagub Jatim(Ilustrasi pendidikan) IDN Times/Arief Rahmat

 

Johannes juga mendapat kepastian bahwa mahasiswa asal Mimika tidak ada yang tinggal di Asrama Kalasan. Dia menyebut ada 300 mahasiswa yang merupakan putera daerah Mimika yang kuliah di Jatim. Mereka semuanya tersebar dan telah dibiayai pemerintah.

"Kebetulan kami di Mimika tidak ada yang di situ (Kalasan) dari Mimika di biayai 300-an tersebar di Jatim, kami membiayai ada mahasiwa yang dibiayai penuh lembaga, dana afirmasi ataupun biaya sendiri," terangnya.

3. Ada 17 mahasiswa yang pulang

Pastikan Nasib Mahasiswanya, Bupati Mimika Temui Wagub JatimIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Terkait jumlah mahasiswa Mimika yang pulang dari Jatim ke Papua ada sebanyak 17 orang. Ia berharap semua mahasiswa tersebut mau kembali ke Jatim dan berkuliah lagi.

"Balik dari Mimika hanya 17. Kita harapkan mereka kembali lagi. Mereka masih punya niatan sekolah," kata Johannes.

4. Siap berikan keamanan dan kenyaman bagi mahasiswa asal Papua maupun Papua Barat

Pastikan Nasib Mahasiswanya, Bupati Mimika Temui Wagub Jatim(Ilustrasi pendidikan) IDN Times/Sukma Shakti

 

Sementara itu, Wagub Emil mengatakan, bahwa masyarakat Jawa Timur dengan Papua dan Papua Barat ialah saudara. Ketika Pemerintah Kabupaten Mimika menginisiasi komunikasi dengan mahasiswa yang masih ada di Jatim, pihaknya menyambut baik.

"Kami siap untuk mendapatkan feedback kira-kira apa yang bisa menambah rasa aman dan nyaman," ucapnya.

"Bagi mereka yang sudah pulang ke sana dan ingin kembali ke sini tentu kita sangat menyambut baik karena kita ingin saudara-saudari kita yang dari Mimika, Papua dan Papua Barat bisa menuntaskan studinya sehingga ikut berperan membangun bangsa," pungkas Emil.

Baca Juga: Polisi Akui Sulit Usut Dugaan Teror Ular di Asrama Mahasiswa Papua

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya