Pantau Misa Natal, Gubernur dan Kapolda Jatim Takjub Sambutan Jemaat

Walaupun keduanya muslim, mereka disambut ratusan jemaat

Surabaya, IDN Times - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Jatim memantau Misa Natal di tiga gereja di Surabaya, Senin (24/12) malam. Gereja itu ialah Gereja Bethany Jalan Nginden, Gereja Kristus Raja Jalan Residen Sudirman dan Gereja Katedral Hati Kudus, Jalan Polisi Istimewa. Dalam kesempatan ini, Gubernur Jatim Soekarwo, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Arif Rahman menyapa para jemaat secara langsung.

1. Kapolda takjub dengan sambutan salam hangat jemaat gereja

Pantau Misa Natal, Gubernur dan Kapolda Jatim Takjub Sambutan JemaatIDN Times/Ardiansyah Fajar

Usai menyapa 30 ribu jemaat di Gereja Bethany, Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan mengaku takjub dengan sambutan hangat para jemaat. Dia menyampaikan bahwa baru pertama kali menemui hal seperti itu. "Baru pertama kali kita berada di gereja di mana pada saat mengucapkan Assalamualaikum dan jawabannya luar biasa Waalaikumsalam itu menunjukkan mereka juga menghargai kita," ujarnya.

2. Polda Jatim pastikan situasi masih kondusif

Pantau Misa Natal, Gubernur dan Kapolda Jatim Takjub Sambutan JemaatIDN Times/Ardiansyah Fajar

Terkait kondusifitas di Jatim, Luki memastikan masih aman. Meski begitu ia terus memonitor seluruh laporan situasi di wilayah hukum Polda Jatim. "Untuk situasi di Jawa Timur insya Allah kita bersama TNI sudah menggelar pengamanan di gereja se-Jawa Timur maupun tempat-tempat wisata. Sampai detik ini semua laporan berjalan dengan aman dan kondusif di setiap gereja," terangnya.

3. Gubernur sebut sambutan para jemaat luar biasa

Pantau Misa Natal, Gubernur dan Kapolda Jatim Takjub Sambutan JemaatIDN Times/Ardiansyah Fajar

Senada dengan Luki, Gubernur Jatim Soekarwo juga terkesan dengan sambutan para jemaat. Dia mengatakan, ketika dirinya bersama Forkompimda hadir di tengah-tengah Misa Natal, langsung direspons dengan tepuk tangan dan jabat tangan. "Saya kira ini luar biasa, bayangkan tadi begitu kita hadir, dia memberikan apresiasi," katanya.

4. Tunjukkan cermin Indonesia

Pantau Misa Natal, Gubernur dan Kapolda Jatim Takjub Sambutan JemaatIDN Times/Ardiansyah Fajar

Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim menambahkan silaturahmi ini merupakan wujud Indonesia sebenarnya. Yang mana tak ada batasan antara mayoritas dan minoritas.

"Inilah ke-Indonesiaan kita, inilah sistem yang dibangun oleh para founding father kita, sistem ke-Indonesiaan kita. Sistem yang antara mayoritas dan minoritas saling menghargai. Tidak ada diktator tirani minoritas, tidak ada diktator mayoritas tapi saling menghargai," ungkapnya.

5. TNI janji amankan penuh perayaan Natal dan Tahun Baru 2019

Pantau Misa Natal, Gubernur dan Kapolda Jatim Takjub Sambutan Jemaatinstagram.com/hobopeeba

Sementara, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Arif Rahman mengatakan kalau jajarannya akan membantu sepenuhnya untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2019. "Sekarang anggota Kodam V Brawijaya bersama-sama dengan anggota Polda Jatim berada di gereja-gereja untuk mengamankan, itu adalah untuk menjamin kenyamanan kelancaran melaksanakan Natal bagi umat Kristiani," pungkasnya.

Baca Juga: Anggap Urusan Polisi, Muhammadiyah Jatim Tak Turunkan Pengamanan Natal

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya