PAN Kalsel Membelot Dukung Jokowi, PAN Jatim: Solid ke Prabowo-Sandi

Tetap konsisten dooong!

Surabaya, IDN Times - Polemik terjadi di kubu internal Partai Amanat Nasional (PAN). Hal ini terjadi karena DPW PAN Kalimantan Selatan (Kalsel) berbeda dukungan dengan DPP PAN pada Pilpres 2019. DPW PAN Kalsel mengambil sikap mendukung Joko 'Jokowi' Widodo dan Ma'ruf Amin.

Baca Juga: Prabowo Incar Suara Jawa Tengah, Ma'ruf: Tidak Semudah Itu 

1. PAN Jatim konsisten satu barisan

PAN Kalsel Membelot Dukung Jokowi, PAN Jatim: Solid ke Prabowo-SandiDok. IDN Times/Istimewa

Mengetahui hal itu, Sekjen DPW PAN Jatim, Basuki Babussalam, tidak mau mengomentari sikap DPW PAN Kalsel. Dia hanya fokus mengurusi PAN di Jatim saja. "Kalau di Jatim konsisten satu barisan. Sesuai amanat partai," ujarnya kepada IDN Times, Senin (10/12).

2. PAN Jatim akan kenakan sanksi jika ada anggota ada DPD PAN wewenang Jatim memebelot

PAN Kalsel Membelot Dukung Jokowi, PAN Jatim: Solid ke Prabowo-SandiDok. IDN Times/Istimewa

Basuki menambahkan, bahwa yang berwenang menindak atas sikap DPW PAN Kalsel ialah DPP PAN. Sementara di Jatim, dia menegaskan kalau ada DPD PAN di bawah DPW PAN Jatim yang membelot, dipastikan terkena sanksi. "Ada sanksi, ada garisnya, ini sudah ada mekanismenya dari partai, semua sudah jelas," katanya.

3. PAN Jatim 100 persen dukung Prabowo-Sandi

PAN Kalsel Membelot Dukung Jokowi, PAN Jatim: Solid ke Prabowo-SandiDok. IDN Times/Istimewa

Tak hanya itu, pria yang juga menjadi Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (BPP) Jatim ini menekankan, sikap PAN sudah menjadi keputusan bulat. "PAN Jatim 100 persen untuk Prabowo-Sandiaga," katanya.

4. Pengurus PAN Kalsel terang-terangan dukung Jokowi-Ma'ruf

PAN Kalsel Membelot Dukung Jokowi, PAN Jatim: Solid ke Prabowo-Sandigoogle

Sebelumnya, Pengurus PAN Provinsi Kalimantan Selatan memberikan dukungan kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf. Pengalihan dukungan dari Prabowo-Sandiaga ke Jokowi-Ma'ruf itu langsung disampaikan Ketua DPW PAN Kalimantan Selatan, Muhidin.

"Kami mendukung kemenangan Jokowi dan KH Ma'ruf Amin di Kalimantan Selatan," ujar Muhidin, dalam keterangannya, Minggu (9/12).

5. Alasannya soal pembangunan

PAN Kalsel Membelot Dukung Jokowi, PAN Jatim: Solid ke Prabowo-Sandigoogle

Ada sejumlah alasan mengapa DPW PAN Kalsel mengalihkan dukungan kepada Jokowi-Kiai Ma'ruf.

Utamanya, adalah bahwa mereka tak berani berbeda dengan mayoritas masyarakat di provinsi itu.Semua mampu melihat dan merasakan kerja pembangunan di era Jokowi.

"Pembangunan harus dilakukan dua periode. Karena kalau hanya satu kali, program pemerintah tidak maksimal. Contohnya, saya menjabat Wali Kota Banjarmasin di 2 periode, bisa membangun Banjarmasin," ungkap Muhidin.

Baca Juga: Selama Jadi Presiden, Jokowi Mengaku Ganti Baju 4-6 Kali Sehari

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya