Pakde Karwo 'Pulang' ke Golkar

Katanya sih pulang ke rumah awal berpartai 

Surabaya, IDN Times - Mantan Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur (Jatim), Soekarwo dikabarkan bergabung dengan Partai Golkar. Bergabungnya, Pakde Karwo--sapaan karib Soekarwo- dibenarkan oleh politisi Golkar yang juga anggota Komisi VII DPR RI, Ridwan Hisjam.

Ridwan membeberkan kalau Pakde Karwo tak sekadar bergabung dengan partai berlambang beringin. Dia juga mendapat mandat sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 2 SKEP-492/DPP/Golkar/XI/2022 tanggal 22 November 2022.

Ketua DPD Partai Golkar Jatim, M. Sarmuji mengaku belum tahu secara pasti Pakde Karwo menjabat Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar. "Tapi andaikan benar, tentu kami berterima kasih atas kesediaan beliau masuk ke dalam Partai Golkar," ujarnya kepada IDN Times, Selasa (3/1/2023).

Sarmuji bilang, sebenarnya kalau pria yang menjabat Dewan Pertimbangan Presiden ini pulang ke Golkar. "Bahasa yang tepat adalah kembali pulang ke rumah awal. Karena dari Golkarlah beliau berasal. Beliau pernah menjadi pengurus aktif Golkar," tegas dia.

Hingga kini, sambung Sarmuji, jiwa Pakde Karwo masih Golkar. "Saya pikir ada kesamaan jiwa Pakde Karwo dengan Partai Golkar yaitu memperhatikan aspek teknokratis selain juga kemampuan politik," dia menambahkan.

Bergabungnya Pakde Karwo ke Golkar ini sendiri seolah menyusul menantunya, Bayu Airlangga yang lebih dulu ke Golkar. Bayu sendiri pindah ke Golkar setelah kalah dalam persaingan Ketua DPD Partai Demokrat Jatim melawan Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak.

Baca Juga: Cabut dari Demokrat, Bayu Airlangga Dinilai Cocok Bergabung Golkar

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya