Orangtua dan Kuasa Hukum Korban Turut Bersaksi di Sidang Bechi

Kedua saksi memperkuat dakwaan JPU

Surabaya, IDN Times - Sidang pemeriksaan saksi dalam perkara pencabulan dan pemerkosaan santriwati di salah satu Pondok Pesantren Ploso, Jombang dengan terdakwa Moch. Subchi Azal Tsani alias Bechi terus berlanjut di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (25/8/2022). Kali ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan dua orang saksi.

1. Dua saksi menguatkan JPU

Orangtua dan Kuasa Hukum Korban Turut Bersaksi di Sidang Bechi

Dua orang saksi yang dihadirkan kali ini ialah kuasa hukum korban dan orangtua saksi sebelumnya yang mengaku sebagai korban tapi tidak melapor ke polisi. Jaksa Penuntut Umum (JPU) kasus ini, Endang Tirtana bilang, kesaksian keduanya menguatkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) penyidik.

“Dua saksi ini dari penuntut umum, so far masih sesuai dengan BAP yang diberikan penyidik. Jadi ya mendukung kami,” ujar Endang usai sidang.

2. Sudah 9 saksi diperiksa

Orangtua dan Kuasa Hukum Korban Turut Bersaksi di Sidang BechiTerdakwa pencabulan dan pemerkosaan, Bechi di PN Surabaya, Kamis, (25/8/2022). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Berdasarkan data yang dihimpun IDN Times, sejauh ini jaksa sudah menghadirkan sembilan orang saksi. Terdiri dari tujuh santri termasuk korban, satu kuasa hukum korban dan satu orangtua korban. Data sembilan saksi yang telah memberi kesaksian ini dibenarkan oleh JPU, Tengku Firdaus.

“Sudah sembilan saksi yang hadir,” kata dia. Empat orang saksi rencananya akan dihadirkan dalam sidang pada 1 September mendatang. Keempatnya sudah disumpah dalam sidang hari ini.

Baca Juga: Sidang Bechi Pindah ke Ruang Garuda, 2 Orang Akan Beri Kesaksian

3. Saksi disebut tidak sesuai

Orangtua dan Kuasa Hukum Korban Turut Bersaksi di Sidang BechiKuasa hukum terdakwa Bechi, I Gede Pasek Suadika, di PN Surabaya, Kamis (25/8/2022). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Meski sudah ada sembilan orang saksi yang memberikan kesaksian dalam perkara Bechi, kuasa hukum terdakwa, I Gede Pasek Suadika menegaskan bahwa kesaksian mereka tidak sesuai dengan fakta versinya. Bahkan dalam sidang hari ini, kliennya Bechi ikut menepis kesaksian.

“Jelas tidak (sesuai kesaksiannya). Terdakwa menyampaikan orang ini (salah satu saksi yang hadir hari ini) paliing getol ingin menjatuhkannya,” kata dia. Tapi usai sidang, Bechi yang memakai rompi tahanan tidak memberi komentar apapun, dia langsung masuk ke mobil tahanan.

Baca Juga: Saksi Keempat Sidang Bechi Semakin Memperkuat Pembuktian

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya