Operasi Kewilayahan, Jurus Baru Pemprov Jatim Usir COVID-19

Penerapan operasi langsung turun ke warga

Surabaya, IDN Times - Positif COVID-19 di Indonesia telah tembus 100.303 kasus, Senin (27/7/2020). Dari jumlah tersebut, penyumbang kasus terbanyak ialah Jawa Timur (Jatim). Kini kumulatif positif di Jatim mencapai 20.812 kasus. Sebanyak 12.680 orang dinyatakan sembuh dan 1.608 orang dilaporkan meninggal dunia.

Tingginya angka kasus positif maupun kematian akibat infeksi virus SARS CoV-2 mengharuskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim mencari resep untuk menekan angka itu. Terbaru, Pemprov bersama Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) akan menerapkan operasi kewilayahan berbasis kecamatan.

1. Penerapan operasi langsung turun ke warga

Operasi Kewilayahan, Jurus Baru Pemprov Jatim Usir COVID-19Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono saat di Kantor DPRD Jatim, Kamis (18/6). Dok.IDN Times/Istimewa

Sekretaris Daerah Provinisi (Sekdaprov) Jawa Timur (Jatim), Heru Tjahjono mengatakan, tujuan operasi ini ialah untuk menekan angka COVID-19 Jatim dari tingkat bawah. Menurutnya, penularan masih terjadi di kalangan masyarakat lantaran kurang disiplin protokol kesehatan. Seperti pemakaian masker serta penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Penyebaran COVID-19 ini masih ada. Perlu ada kewaspadaan dari semua pihak," ujarnya saat Rapat Koordinasi Pencegahan Penanganan Covid-19 di Gedung Balai Prajurit Kodam V/Brawijaya, Senin (27/7/2020).

Dalam penerapan operasi tersebut, Heru mengingatkan agar prinsipnya harus sabar. Sebab, yang ditangani adalah warga.

2. BNPB akan ikut melakukan edukasi, sosialisasi dan mitigasi

Operasi Kewilayahan, Jurus Baru Pemprov Jatim Usir COVID-19Ilustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Sementara itu, Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Lilik Kurniawan mengatakan, tren penambahan angka COVID-19 di Jatim terus berlangsung. Sehingga, kondisi tersebut masih membutuhkan dukungan. Dia menyampaikan, BNPB siap membantu mendukung Pemprov Jatim bukan mengambil alih.

“Jadi kami tidak berbicara mengenai berapa banyak PCR, rapid test, rumah sakit dan sebagainya. Tetapi pencegahan, edukasi, sosialisasi dan mitigasi menjadi concern kami,” kata dia.

3. Operasi berbasis pentaheliks

Operasi Kewilayahan, Jurus Baru Pemprov Jatim Usir COVID-19(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Lebih lanjut, Lilik menjelaskan bahwa dukungan yang dilakukan berupa operasi kewilayahan di kecamatan dengan berbasis pentaheliks. Selain itu mendirikan pos gabungan pencegahan yang disiapkan logistik. "Serta sinergi informasi dan monitoring (inaRISK)," ucap dia.

Baca Juga: Dingin Tak Biasa pada Malam Hari, Jatim Alami Fenomena Bediding

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya