Nyoblos di TPS Khofifah, Gen Z: Riset Dulu Sebelum Gunakan Hak Pilih

Keren iki rek!

Surabaya, IDN Times - Pemilih pemula tampak antusias menyalurkan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 31 Wilayah RW 05, Kelurahan Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo Surabaya pada Rabu (14/2/2024). Diketahui TPS ini merupakan tempat nyoblos mantan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Salah satunya ialah Hamdan Billah (19) yang mengaku pertama kali melakukan pencoblosan. Dia datang langsung ke TPS TPS 31 sekitar pukul 09.00 WIB. Usai nyoblos ia bilang kalau tidak mendapat kesulitan berarti meski baru pertama kali melakukan coblosan. 

Termasuk dalam menentukan pilihan Capres-Cawapres, Hamdan mengaku sebelumnya sudah mengumpulkan informasi terkait latar belakang para calon yang berkontestasi. 

"Biasa aja karena sebelumnya juga kan sudah melakukan riset dulu terkait Capres-Cawapres. Kalau DPR, DPR, dan DPRD memang risetnya dikit, " ujarnya kepada IDN Times.

Hamdan pun mengajak teman-teman seusianya untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan memilih langsung calon pemimpinnya. Jumlah Gen Z yang sangat besar menurutnya sangat berpengaruh dalam menentukan presiden lima tahun ke depan. 

"Pokoknya jangan golput lah kan kita ini pertama kali nyoblos. Peran dari Gen Z sendiri sangat menentukan lima tahun ke depan. Jadi kita jangan golput ataupun apatis terhadap pemilihan presiden ini karena kita membutuhkan pemimpin negara yang amanah, " pesan dia.

Bagi presiden dan wakil presiden terpilih, Hamdan berharap agar memperbanyak program yang berpihak pada generasi milenial dan Gen Z. Ia juga berharap presiden terpilih bisa memperluas lapangan pekerjaan dan memperbanyak beasiswa perkuliahan. 

"Semoga programnya lebih mengedepankan Gen Z juga. Lapangan pekerjaan diluaskan, kuliah digratiskan,atau memperbanyak beasiswa," ucapnya.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya