Mulai Hari Ini, Naik Pesawat Via Juanda Wajib PCR Test

Anak-anak uda boleh naik juga kok!

Sidoarjo, IDN Times - Satgas Penanganan COVID-19 dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menebirtkan Surat Edaran (SE) terkait kewajiban calon penumpang menggunakan hasil negatif tes RT-PCR sebagai salah satu syarat perjalanan menggunakan transportasi udara. Kebijakan ini mulai dibelakukan di Bandara Juanda, Sidoarjo, Minggu (24/10/2021).

"Per hari ini sudah mulai berlaku syarat dokumen kesehatan berupa hasil negatif RT-PCR," ujar Stakeholder Relation Manager Bandara Juanda, Yuristo Ardhi Hanggoro saat dikonfirmasi.

1. Wajib sertakan vaksin minimal dosis 1

Mulai Hari Ini, Naik Pesawat Via Juanda Wajib PCR TestIlustrasi uji swab PCR.IDN Times/GrabHealth

Hasil negatif tes RT-PCR itu berlaku 2x24 jam alias 2 hari sejak surat hasil diterbitkan. Tak hanya itu saja, calon penumpang juga diwajibkan sudah vaksinasi COVID-19. Dibuktikan dengan sertfikat vaksin minimal dosis pertama. General Manager Bandara Juanda, Sisyani Jaffar mengatakan syarat tersebut berlaku bagi semua penerbangan.

"Minggu (24/10/2021) efektif menggunakan syarat hasil negatif RT-PCR dari dan ke Bandara Juanda,” tegasnya.

2. Anak di bawah 12 tahun boleh naik pesawat

Mulai Hari Ini, Naik Pesawat Via Juanda Wajib PCR TestIlustrasi penumpang pesawat terbang di bandara. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Sisyani menambahkan, sesuai SE terbaru Kemenhub, pelaku perjalanan udara di bawah usia 12 tahun sudah dapat melakukan perjalanan udara. “Dengan persyaratan melampirkan hasil negatif tes PCR 2x24 jam dan wajib didampingi oleh orang tua ataupun keluarga yang dibuktikan dengan membawa kartu keluarga,” kata dia.

3. Sediakan helpdesk bagi yang ingin refund dan reschedule

Mulai Hari Ini, Naik Pesawat Via Juanda Wajib PCR Testeconomictimes.indiatimes.com

Lebih lanjut, manajemen Bandara Juanda juga telah berkoordinasi dengan pihak maskapai untuk membuka helpdesk. Nah, bagi calon penumpang yang ingin melakukan refund dan reschedule dapat memanfaatkan layanan helpdesk yang disediakan pada area customer service maskapai pada lobi Terminal 1 (T1).

"Ini sebagai langkah antisipasi jika ada calon penumpang yang memutuskan membatalkan atau menunda keberangkatan," katanya.

Baca Juga: Bandara Juanda Belum Dibuka Bagi Pekerja Migran Asal Jatim 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya