Mudik 2023: 8.000 Bus di Jatim Dinyatakan Layak Jalan

Ada 15 persen tidak layak

Surabaya, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur (Jatim) memastikan seluruh armada bus di wilayahnya sudah siap jalan. Karena semuanya telah dilakukan ram check oleh petugas dishub.

"Semua armada sudah diperiksa oleh dishub provinsi maupun kabupaten/kota," ujar Kadishub Jatim, Nyono saat ditemui di Jalan A. Yani Surabaya, Rabu (19/4/2023).

Ketika pemeriksaan sebelum musim mudik, Nyono mengakui kalau pihaknya menemukan bus yang tidak layak jalan. "Sekarang 8.000 lebih bus yang sudah dicek, ada beberapa bus yang tidak layak, ya tidak boleh beroperasi," tegas dia.

Bus yang tidak layak itu, kata Nyono, nantinya tidak mendapatkan penanda berupa stiker. Nah, dishub akan mengeluarkan rekomendasi kepada Perusahaan Otobus (PO) agar mengganti atau menarik armadanya yang tak layak.

"Sekitar 15 persen (tidak layak) dari total yang diperiksa. 8.000 dinyatakan layak," kata dia.

"Jargon mudik kali ini, aman, nyaman dan berkesan. Kita pastikan arus mudik kali ini armada aman, sopir harus aman," tambah Nyono.

Khusus untuk sopir, Nyono menyampaikan kalau pihaknya sudah sosialisasi jika bus melakukan perjalanan di atas 4 jam, maka harus punya sopir dua. Satu sopir utama dan satu lagi cadangan. Keduanya diharap bisa bergantian.

Baca Juga: 1.080 Warga Jatim Mulai Mudik dari Jakarta Hari Ini

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya