Meski Suara Demokrat Turun, Emil Yakin Tetap Dampingi Khofifah

Pede banget, nih, mas!

Surabaya, IDN Times - Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur (Jatim), Emil Elestianto Dardak optimistis bakal berpasangan kembali dengan Khofifah Indar Parawansa di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024. Namun, Emil punya tantangan untuk meyakinkan partai koalisi.

1. Partai Demokrat hanya peringkat 5 di Jatim

Meski Suara Demokrat Turun, Emil Yakin Tetap Dampingi KhofifahPara pendukung Partai Demokrat. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Meyakinkan partai koalisi ini sangat penting. Mengingat partai berlambang "Bintang Mercy" yang dinahkodai Emil mengalami penurunan suara pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Demokrat mendapatkan 11 kursi di Jatim, padahal pada 2019 lalu punya sebanyak 14 kursi.

Lebih lanjut, dengan perolehan suara tersebut, Partai Demokrat berada diperingkat kelima setelah PKB 27 kursi, PDIP 21 kursi, Partai Gerindra 21 kursi dan Partai Golkar 15 kursi. "Kita bersyukur bahwa Partai Demokrat bisa bertahan posisi 5 besar di Jatim," ujarnya, Kamis (5/4/2024).

Baca Juga: 5 Inspirasi Gaya Rambut Sanggul ala Arumi Bacshin

2. Emil sebut tak ada rumus bahwa yang bisa maju kontestasi Pilgub ialah partai suara terbanyak

Meski Suara Demokrat Turun, Emil Yakin Tetap Dampingi KhofifahKetua TKD Jatim Boedi Prijo melakukan potong tumpeng di depan Dewan Pengarah TKN Prabowo - Gibran Khofifah Indar Parawansa dan Jubir Gibran Rakabuming Raka, Emil Elestianto Dardak di Posko TKD Jatim. (IDN Times/Ardiansyah Fajar).

Kendati di urutan kelima, Emil yakin kalau partai koalisi bakal menyetujui dirinya mendampingi Khofifah di Pilgub Jatim 2024. Karena menurutnya, tidak ada aturan bahwa yang akan menjadi calon wakil gubernur adalah partai yang memperoleh kursi terbanyak di DPRD Jatim. 

“Sejak kapan rumus itu (tergantung perolehan kursi di DPRD). Kan tidak ada rumus itu. Jadi rumusnya ini sekarang, bagaiaman saya sebagai figur yang oleh ibu Khofifah, diinginkan untuk mendampingi beliau,” tegasnya.

3. Klaim Gerindra sudah beri restu, bakal minta Golkar menyusul

Meski Suara Demokrat Turun, Emil Yakin Tetap Dampingi KhofifahWagub Jatim, Emil Elestianto Dardak saat dampingi Menhan Prabowo Subianto dalam peresmian sumur bor di Bangkalan. Dok. Pemprov Jatim.

Pria yang juga berstatus petahana ini mengklaim sejauh ini, Partai Gerindra sudah memberi restu pada dirinya untuk kembali mendampingi Khofifah di Pilgub Jatim 2024. Dia berharap, dukungan serupa juga akan diberikan oleh Partai Golkar.  

“Saya bisa memposisikan diri agar semua partai itu merasa sama-sama memiliki. Kita akan cari titik temu,” kata Emil.

4. Khofifah nyaman pimpin Jatim bareng Emil

Meski Suara Demokrat Turun, Emil Yakin Tetap Dampingi KhofifahGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak usai Apel Pagi ASN Pemprov Jatim. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Sebelumnya, mantan Gubernur Jatim hofifah Indar Parawansa mengaku nyaman bekerja dengan Emil Elistianto Dardak. Bahkan selama ini ia mengaku berbagi tugas dengan baik bersama suami Arumi Bachsin tersebut. 

“Saya terlanjur nyaman dengan Mas Emil," kata Khofifah dalam sebuah kesempatan di Surabaya. 

Baca Juga: Cawagub Potensial Dampingi Khofifah, ARCI: Emil Hingga Bayu Airlangga

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya