Comscore Tracker

MAS Gelar Salat Idul Adha Minggu, Sapi Milik Jokowi Disembelih Senin

Ada sapi milik Khofifah dan Emil juga

Surabaya, IDN Times - Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS) bersiap menggelar Salat Idul Adha pada Minggu (10/7/2022). Sedangkan untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban akan dilakukan pada Senin (11/7/2022).

1. Sediakan tempat untuk 45 jemaah

MAS Gelar Salat Idul Adha Minggu, Sapi Milik Jokowi Disembelih SeninSuasana di Masjid Al Akbar Surabaya sebelum ada virus corona. Dok.IDN Times/Istimewa

Kepala Humas MAS, Helmy M. Noor mengatakan, pelaksanaan Salat Idul Adha akan digelar pukul 06.00 WIB. Rencananya, dihadiri Plt Gubernur Emil Elestianto Dardak. Nah, untuk kuota jemaah yang disediakan ialah sebanyak 45 ribu jemaah. Meliputi lantai satu dan dua MAS.

"Imam Salat Idul Adha adalah KH. Abdul Hamid Abdullah, Imam Besar MAS. Sedangkan Katib adalah Prof Muzakki, Rektor Uinsa dengan tema 'Meraih Sukses Hidup Lewat Cermin Nabi Ibrahim'," ujarnya kepada IDN Times, Kamis (7/7/2022).

2. Presiden, Gubernur dan Wakil Gubernur kurban di MAS

MAS Gelar Salat Idul Adha Minggu, Sapi Milik Jokowi Disembelih SeninSapi kurban milik Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Dokumentasi Humas MAS

Lebih lanjut, Presiden Joko 'Jokowi' Widodo, Gubernur Khofifah Indar Parawasa dan Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak juga melaksanakan kurban sapi di MAS. Jenis sapi kurban Jokowi adalah simental dengan berat 1,2 ton, umur  poel satu pasang, tinggi pundak 151 cm, lanjang badan 187 cm dan lebar dada 256 cm.

"Sapi kurban Presiden Jokowi diperoleh dari peternak Dandy Narindra asal Desa, Probolinggo," katanya.

Sementara untuk jenis sapi kurban Gubernur Khofifah juga simental berwarna merah, umur 5 tahun, berat badan 1.050 kg, tinggi gumba 160 cm, panjang badan 195 cm, lingkar dada 231 cm. Sapi ini berasal dari peternak Budiono asal Desa Kanten, Kecamatan Trucuk, Bojonegoro.

Jenis sapi kurban Emil Dardak pun simental, warnanya merah, umur 2,5 tahun, berat badan 950 kg, tinggi gumba 147 cm, panjang badan 180 cm dan lingkar dada 217 cm "Sapi kurban Wakil Gubermur diperoleh dari peternak yang sama dengan Bu Gubernur," kata Helmy.

"Update perolehan hewan kurban hingga hari ini adalah sapi 14 ekor dan kambing 30 ekor," dia menambahkan.

Baca Juga: Napi Jatim Boleh Dikunjungi Usai Idul Adha, Ini Syaratnya

3. Pemotongan dilakukan sesuai protokol PMK

MAS Gelar Salat Idul Adha Minggu, Sapi Milik Jokowi Disembelih SeninIlustrasi pemeriksaan kesehatan mulut sapi. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Pemotongan hewan kurban digelar di area lantai dasar MAS seluas 1.300 m2. Pemotongan akan melibatkan juru sembelih dari Juleha dan pekerja rumah potong hewan. Tahapan penyembelihan terdiri atas transit hewan kurban, pemotongan, pencacahan, pengemasan dan distribusi.

"Agar hewan tidak stres, maka lokasi transit hewan, pemotongan dan pencacahan terpisah alias hewan tidak mengetahui saat temannya disembelih," kata Helmy.

Mengantisipasi PMK, maka proses kedatangan, perawatan dan pemotongan  qurban akan disupervisi oleh Tim dari Dinas Peternakan Jatim dan Tim Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (Unair).

Jeroan hewan kurban dibersihkan/dimasak di lokasi yang berbeda bukan di sungai agar tidak menimbulkan pencemaran. Selain itu, kotoran dan limbah hewan kurban juga di proses menjadi kompos untuk menyuburkan tanaman di sekitar MAS.

Distibusi daging kurban mendasari data pengajuan dari kelurahan sekitar MAS serta pengajuan lembaga sosial yang sudah diverifikasi. Panitia tidak membagikan daging qurban  di masjid, melainkan langsung dikirim ke penerima.

Baca Juga: Warga Jatim Salat Ghaib untuk Buya Syafii di Masjid Al-Akbar

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya