Makin Mengerucut, Polisi Sebut Pelaku Mutilasi Blitar Teman Dekat

Tinggal nunggu waktu aja nih

 

Surabaya, IDN Times - Kepolisian daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) terus mengejar pelaku kasus pembunuhan guru honorer, Budi Hartanto (28) dengan cara mutilasi dan mayatnya ditaruh dalam koper di Desa Karanggondang Kecamatan Udanawu, Blitar. Mulanya koper berisi mayat ditemukan di semak-semak dekat sungai, Rabu (3/4). Sampai saat ini, polisi masih memburu dua terduga pelaku.

1. Terduga pelaku disebut di lingkungan korban

Makin Mengerucut, Polisi Sebut Pelaku Mutilasi Blitar Teman DekatIDN Times/Reza Iqbal

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, dua pelaku yang masih dalam pengejaran diduga kuat teman dekat korban. "Yang jelas dalam lingkungan sekitar mereka. Mereka saling kenal," ujarnya saat ditemui di Mapolda Jatim, Minggu (7/4).

2. Terduga pelaku terus berpindah tempat

Makin Mengerucut, Polisi Sebut Pelaku Mutilasi Blitar Teman Dekatshutterstock.com/Prath

Meski sudah mengantongi dua identitas terduga pelaku ini, polisi ternayat masih kesulitan menangkapnya. Karena keduanya masih terus bergerak melarikan diri. "Kita sudah mengejar dua orang karena diberitakan, akhirnya berpindah dari satu titik ke titik yang lain. Tadi pagi penyidik di lapangan menyampaikan ada perpindahan," kata Barung.

3. Polisi belum bisa merinci identitas terduga pelaku

Makin Mengerucut, Polisi Sebut Pelaku Mutilasi Blitar Teman DekatIDN Times/Reza Iqbal

 

Maka dari itu, Barung tidak bisa merinci identitas terduga pelaku ini. Ia meminta wak media bersabar agar anggota di lapangan segera bisa menangkap mereka.

"Ada hal yang belum bisa kami sampaikan ke media. Yang kita cari manusia bukan benda statis ini adalah dinamis mobilitas tinggi. Ada hal yang tidak kami publikasikan dulu," ucap Barung.

Baca Juga: Korban Mutilasi Diduga Dibunuh Lantaran Masalah Asmara Sesama Jenis

4. Sudah 16 saksi diperiksa

Makin Mengerucut, Polisi Sebut Pelaku Mutilasi Blitar Teman DekatIlustrasi/pexels.com/ kat wilcox

 

Sebelumnya, Barung mengatakan sudah ada 16 saksi yang diperiksa. Semua saksi berasal dari 2 wilayah yaitu Kediri, kota asal Budi, dan Kota Blitar di mana mayat Budi ditemukan. Saat ini pencarian pun lebih difokuskan di Kediri.

"Ada 6 saksi yang kita periksa di Kota Blitar dan 10 di Kediri. Nah 10 di Kediri ini kita orientasi sekarang terbesar untuk pengungkapan kasus. Di mana ponsel korban terakhir kali mati di Kediri," ujar Barung di Mapolda Jatim, Sabtu (6/4).

5. Diduga kuat motif asmara

Makin Mengerucut, Polisi Sebut Pelaku Mutilasi Blitar Teman Dekatunsplash.com/rawpixel

 

Polisi juga telah mengerucutkan motif pelaku dalam tindakan keji ini. Barung mengatakan bahwa polisi awalnya menduga ada 3 motif yaitu ekonomi, perampokan, dan asmara. Namun setelah 14 saksi rampung dimintai keterangan, motif kejahatan yang saat ini dipercaya adalah asmara.

"Sekarang kita kerucutkan kembali dari 14 saksi yang sudah kita periksa kami berkeyakinan bahwa kami menghilangkan motif perampokan atau curasnya dan kami menghilangkan motif ekonomi dari kasus ini," tutur Barung, Jumat (5/4).

Baca Juga: Kasus Mutilasi di Blitar, Polisi Kejar 2 Saksi Tambahan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya